Pemprov Lampung Terima Alat Tes PCR dan 30 Ribu Rapid Antigen

0
45

Bandar Lampung – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menerima bantuan dua alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dan 30 ribu alat rapid antigen dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ribuan alat rapid antigen tersebut akan didistribusikan ke rumah sakit rujukan Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana mengatakan untuk satu alat PCR sudah diambil oleh Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda). Sementara ribuan alat rapid antigen tersebut akan didistribusikan ke rumah sakit rujukan Covid-19.

“Rapid antigen pertama yang datang 10.000 kemarin 20.000. Nanti akan distribusikan ke rumah sakit-rumah sakit. Untuk PCR sudah diambil Labkesda yang satunya nanti kita lihat dulu mau diletakkan dimana,” kata Reihana, Minggu 17 Januari 2021.

Menurut Reihana saat ini alat PCR milik pemerintah yang sudah beroperasi sebanyak lima buah. Kelimanya berada di Labkesda, Balai POM, Balai veteriner, RSUD Abdul Moeloek dan Rumah Sakit DKT.  Untuk alat PCR milik swasta yang diperuntukkan untuk masyarakat yang ingin menjalani swab mandiri ialah Mobile PCR.

“Kerjasama operasi (KSO) antara Pemerintah Provinsi Lampung dengan Indofarma Tbk dan juga PT Kalikandri Banyu Bening yang berada di Labkesda serta laboratorium intibios di RS Bumi Medika. Ada juga yang sedang mengajukan izin dari PT Lampung Jasa Utama, kemudian Pemda Tanggamus, Way Kanan dan Lampung Timur,” urainya.

Tercatat hingga saat ini Provinsi Lampung sudah melakukan uji spesimen sebanyak 56.033 dengan total orang yang di swab berjumlah 25.737 orang. Dari ribuan spesimen yang diujikan menghasilkan positif Covid-19 sebanyak 15.383 sementara sisanya 40.650 negatif Covid-19. (Red)

Facebook Comments
BACA JUGA:  Anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung Syarif Hidayat, Vaksinasi Harus Diiringi Dengan Semakin Tegasnya Penerapan Protokol Kesehatan