Delapan Daerah Zona Merah Dengan Kematian Tinggi Provinsi Lampung Belum Usulkan PSBB?

0
24

Bandar Lampung – Delapan Kabupaten dari 14 Daerah di Provinsi Lampung kini berstatus zona merah. Provinsi Lampung belum mengusulkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus rantai penyebaran atas wabah virus corona (Covid-19), dengan pertimbangan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sementara untuk penerapan PMKK adalah kewenangan pusat yang menentukan.

Hal itu terungkap dalam konferensi Pers di Pimpin Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, Kepala Dinas Kesehatan Dr Reihana, dan Ketua Komisi V DPRD Provinsi Lampung Yanuar Irawan, di Posco Gugus Tugas Covid-19, Selasa 19 Januari 2021.

“Untuk pembatasan PSBB kita khawatir ekonomi hancur, kita berharap masyarakat produktif tapi aman covid-19. Kita mengajak pers yang juga bagian gugus tugas covid untuk menyadarkan masyarakat. HIngga kini pesta pesta masih ramai, mall jalan pasar pasar lalai penerapan protokol kesehatan,” kata Sekda.

Karena itu, lanjut Darminto, Gubernur selaku ketua Tim Satgas Covid-19 Provinsi memerintahakn penegakan protokol kesehatan sesuai perda. “Kita akan sampaikan kepada para kepala daerah, dan tim gugus tugas untuk memperketat protokol kesehatan, terutama daerah yang kini masih zona merah,” katanya.

Sementara dr Reihana menyatakan selai tugas penanganan pasien covid-19, penyusunan data, pihaknya juga terus melakukan komunikasi resiko sulit dengan masyarakat. “TIM TNI, Polri, Pol PP, dan Satgas, akat turun ke daerah, dalam rangka penerapan protokol kesehatan,” kata Reihana.

Menurut Reihana, dalam Pasal 11 Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 9 tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 disebutkan: Ketentuan mengenai tata cara PSBB diatur dalam pedoman sebagaimana tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan.

Terdapat empat poin dalam lampiran itu, Pertama, peningkatan jumlah kasus menurut waktu. Kedua, penyebaran kasus menurut waktu. Ketiga, kejadian transmisi lokal. Keempat, kesiapan daerah tentang aspek ketersediaan kebutuhan hidup dasar rakyat, sarana dan prasarana kesehatan, anggaran dan operasional jaring pengaman sosial dan aspek kemananan.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Lampung Ini Jabat Ketua TP Sriwijaya Provinsi Lampung

Sementara daerah yang kini zona merah adalah, Kabupaten Pringsewu, Lampung Utara, dan Lampung Barat, Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Tanggamus, Lampung Selatan, dan Lampung Timur. Total kasus konfirmasi positif di Lampung saat ini berjumlah 8.228. Dari jumlah itu, sebanyak 5.943 pasien berhasil sembuh dan 444 orang meninggal dunia. (Red/Adv)

Facebook Comments