2,5 Hektare Lahan di Desa Tampang Balangan Terbakar

oleh -583 Dilihat
Teks foto. TRC BPBD Balangan dibantu warga saat memadamkan api di lahan milik warga Desa Tampang, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan.

INIBERITA.id,BALANGAN- Kurang lebih seluas 2,5 hektare lahan milik warga di Desa Tampang, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan terbakar.

“Kita perkirakan lahan milik warga desa setempat yang terbakar kurang lebih 2,5 hektare,” kata Ketua TRC BPBD Balangan Kudratullah di Balangan, Sabtu(12/8/23).

Kudratullah mengungkapkan, lahan milik warga yang terbakar itu, berstatus sudah padam 99 persen dan lahan gambut tersebut, di bawahnya masih basah.

Kudratullah melanjutkan untuk pemadaman dilakukan melalui mesin alkon dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan, dengan panjang selang mencapai 140 meter.

Dia menambahkan, pemadaman api yang dilakukan pada lahan warga di Desa Tampang, Kecamatan Lampihong itu juga dibantu oleh masyarakat setempat, TNI/Polri dan Tim Reaksi Cepat (TRC) kecamatan.

Sementara itu, Kapolsek Lampihong Iptu Eko Budi Mulyono, mengatakan, pihaknya akan memanggil pemilik lahan untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Menurut Eko wilayah tersebut berdasarkan pengalaman merupakan lahan gambut yang mudah terbakar, apalagi sudah tiga tahun tidak pernah terbakar.

“Jadi ibarat bahan bakar itu, untuk kemungkinan terbakarnya sangat besar,” kata Eko.

Kapolsek menjelaskan, sebelumnya pihaknya juga sudah mengantisipasinya bersama, dengan pihak desa setempat dua bulan yang lalu, karena mengkhawatirkan lahan areal tersebut sangat mudah terbakar.

Terakhir Kapolsek bersyukur, bagian bawah lahan masih berair jadi lumayan agak aman, serta saat ini anggotanya masih berada di lapangan untuk memastikan api tidak kembali menyala.(iwn/iniberita).