Akhirnya Aset Bangunan Mitra Plaza Diserahkan

oleh -403 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id,BANJARMASIN– Akhirnya aset bangunan Mitra Plaza diserahkan, setelah melalui proses panjang, dari PT Kharisma Inti Mitra (PT KIM) kepada Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin.

Penyerahan kepemilikan bangunan Mitra Plaza, diterima langsung Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, dengan ditandai penandatanganan berita acara serah terima, di Kampus Wisdom Komplek Smanda Sungai Lulut Banjarmasin Timur. Jumatt (31/3/23).

“Aset ini kemudian jadi milik pemko dan sudah diserahkan. Makanya ada berita acara untuk penyerahan aset itu,” ungkap Ibnu usai kegiatan serah terima tersebut.

Menurut Ibnu Sina, nota kesepakatan ini, merupakan titik temu, sekaligus kejelasan hukum, persoalan tata kelola aset lahan, terhadap bangunan Mitra Plaza yang cukup lama berproses.

Selanjutnya, Pemko Banjarmasin melakukan kembali kerjasama, dengan PT KIM untuk jangka waktu 30 tahun, dengan persyaratan yang sudah ditentukan kedua pihak.

“Syaratnya sudah ditentukan dan disepakati dalam bentuk akte perjanjian, diharapkan aset-aset Pemko yang dikerjasamakan dengan pemanfaatan masyarakat dan untuk kemaslahatan Pemkot Banjarmasin,” ujarnya.

Dikatakannya, terkait pengelolaannya kembali, dipegang oleh PT KIM dengan catatan akan ada evaluasi berkala, termasuk retribusi tahunan yang dituangkan dalam perjanjian itu, dilakukan evaluasi setiap 5 tahun sekali serta kontribusi sebesar Rp300 juta pertahun. Kemudian pembagian keuntungan 3 sampai 7 persen.

“Rencananya kawasan tersebut akan dibangun Water Front City atau konsep tata kota yang berhadapan langsung, dengan tepian air, serta pembangunan mall pelayanan publik,”katanya.(benk/iniberita)