Berikan Edukasi Pemilukada Kepada Pemilih Muda

oleh -263 Dilihat
Teks foto, Foto bersama pemenang lomba video Animasi Sadar Politik untuk Pemilih Muda yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan.

INIBERITA.id, BANJARMASIN– Fikri Assidiqi dari Kota Banjarmasin berhasil menyabet juara pertama pada Lomba Video Animasi Sadar Politik untuk Pemilih Muda yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), setelah pengumuman pemenang yang dilaksanakan di Siring Menara Pandang, Rabu (21/12).

Dia berhasil menyisihkan belasan peserta lainnya yang turut mengirimkan hasil karyanya dalam ajang lomba video animasi yang mengangkat tema “Pendidikan Politik dan Sosialisasi Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024”.

Dewan juri juga menetapkan Firza Mizwar asal Banjarmasin sebagai juara kedua dan Multimedia SMK 1 Gambut sebagai juara tiga.

“Kita ingin mengedukasi masyarakat, khususnya pemilih pemula dengan cara yang lebih kekinian. Beda dengan sosialisasi sebelumnya, sekarang kita ingin sentuh pemilih kaum milenial,” ujar Hasanuddin, Sekretaris Kesbangpol Provinsi Kalsel.

Selanjutnya, kata Hasanuddin, setelah dilakukan penyempurnaan oleh pihaknya, video yang menjadi juara ini akan langsung disebarkan ke seluruh media sosial yang ada.

Sementara, Kepala Bidang Politik Kesbangpol Kalsel, Ida Saptika Dewi, menambahkan, lomba video animasi ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula yang dinilai masih rendah di Kalsel.

Jadi, ada dua yang akan kami luncurkan di tahun 2023 nanti, yaitu lomba video animasi dan lagu Pemilu untuk mengajak teman-teman, khususnya pemilih pemula agar jangan golput, jangan menyebarkan hoax dan jangan money politik.

“Ini juga sebagai pendidikan politik bagi pemilih pemula bagaimana memilih pemimpin yang baik,” tambahnya.

Hasanuddin dan Ida Saptika Dewi juga mengajak kaum milenial untuk sama-sama menyukseskan Pemilu 2024 mendatang.

“Ayo kita sama-sama datang ke TPS. Kita tingkatkan partisipasi masyarakat untuk Pemilukada 2024 dengan damai, jujur dan adil,”ujarnya.(yan/iniberita)