BPBD Balangan Sosialisasikan SPAB di Lingkungan Sekolah

oleh -531 Dilihat
Teks foto. BPBD Balangan saat melaksanakan Sosialisasi dan Simulasi Pendidikan Aman Bencana (SPAB) untuk menanamkan kesiapsiagaan sejak dini di lingkungan sekolah di MTS Baruh Bahinu Dalam, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan.

INIBERITA.id, BALANGAN- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, mensosialisasikan program Simulasi Pendidikan Aman Bencana (SPAB), di lingkungan sekolah untuk menanamkan kesiapsiagaan sejak dini.

“Kegiatan ini kami laksanakan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya kesiapsiagaan bencana, terutama pada usia dini di lingkungan sekolah,” kata Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi, di Paringin. Rabu (1/2/23).

Ditegaskannya, target program tersebut menyasar untuk lingkungan pendidikan, yakni sekolah-sekolah yang berlokasi di wilayah rawan bencana, selain itu adanya program dalam mendukung untuk pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Kabupaten Balangan.

Karena, lingkungan pendidikan atau di sekolah juga merupakan bagian dari masyarakat dan yang terpenting untuk diberikan sosialisasi, pemahaman dan edukasi tentang kesiapsiagaan bencana.

“Tujuan program ini adalah agar anak didik lebih paham dan mengerti sejak awal apa yang harus dilakukan jika terjadi sebuah bencana dilingkungan mereka, misalnya banjir atau kebakaran,”tegasnya.

Lebih jauh dijelaskan Rahmi,
selain pemberian materi dan program ini juga, dilaksanakan simulasi di lapangan tentang bagaimana cara mengantisipasi, agar tidak panik jika terjadi bencana terutama di rumah atau di sekolahan.

Dengan memberikan pemahaman sejak dini tentang kesiapsiagaan bencana ini, sangat penting diberikan, agar bisa menjaga dan menyelamatkan diri serta orang di sekitar dengan tidak panik saat terjadi bencana.

“Kami berharap satuan pendidikan di Balangan terutama di wilayah rawan bencana memiliki ketahanan dan kemampuan untuk menghadapi ancaman bencana di sekitar lingkungan mereka,”jelasnya berharap.(wan/iniberita)