Bupati Balangan Siap Dukung Proyek BalPas

oleh -1289 Dilihat
Foto. Pihak perusahaan PT. HMB dan investor dari Pro Active Synergy SDN BHD saat melaksanakan survei jalan yang akan dijadikan proyek Balangan-Paser (BalPas) beberapa waktu lalu.

INIBERITA.id, BALANGAN – Bupati Balangan Abdul Hadi siap mendukung proyek Balangan-Paser (BalPas) sepanjang 96,25 kilometer dari Desa Seniung Jaya, Kabupaten Paser, ke Desa Liyu, Kabupaten Balangan.

“Kami siap mendukung proyek BalPas ini, tentunya harus sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Abdul Hadi saat dikonfirmasi iniberita.id, Selasa (24/5/22).

Sementara itu, Direktur PT Hidayah Meratus Bersatu, Misdiono menjelaskan proyek yang pihaknya garap tersebut akan menghubungkan Balangan-Paser sepanjang 96,25km dengan lebar total 60m, terdiri atas jalan khusus hauling selebar 25m dan jalan umum lebar enam meter serta median jalan lebar tiga meter dan tinggi 1,5m.

Ia menyebutkan total anggaran yang diperlukan dalam proyek BalPas, yang terdiri atas jalan khusus dan umum, Rp3,1 triliun, pembangunan jembatan Rp1,2 triliun dan sarana pendukung Rp93,1 miliar.

“Proyek ini juga telah didukung penuh oleh Pemkab Paser berupa surat rekomendasi dari instansi terkait untuk dilanjutkan ke pemerintah provinsi dan pusat,” jelas Misdiono.

Selanjutnya, Direktur Pro Active Synergy SDN BHD Napsiah mengatakan, dari data dan survei yang telah mereka lakukan di lapangan, proyek ini memang layak untuk pihaknya danai. Pihaknya juga secepatnya akan mengadakan pertemuan di Malaysia dengan mengundang pihak perusahaan dan pemda terkait MoU.

“Kami targetkan satu bulan ke depan akan terealisasi, karena kami juga akan menurunkan tim untuk melihat proyek ini yang paling penting dari segi lingkungan jangan sampai ada kendala,” katanya.(wan/iniberita).