Desa Sumber Rejeki Gelar Lomba Menghias Lingkungan Semarakkan HUT RI

oleh -892 Dilihat
Teks foto. Panitia lomba HUT RI di Desa Sumber Rejeki, Kecamatan Juai berfoto bersama di depan gapura yang dibangun masyarakat setempat beberapa waktu lalu.

INIBERITA.id, BALANGAN- Desa Sumber Rejeki, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, menggelar lomba menghias lingkungan mulai dari pos kamling hingga pekarangan rumah dalam memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia.

“Lomba ini kita gelar untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan gotong royong di kalangan warga, dengan memanfaatkan perlombaan sebagai sarana memperingati hari bersejarah,” kata Kepala Desa Sumber Rejeki Kuwat di Balangan, Kamis (15/8/2024).

Kuwat mengungkapkan lomba ini diikuti oleh sebanyak 15 rukun tetangga (RT) di desanya, yang mana langsung dinilai oleh para juru dari perwakilan Diskominfosan Balangan, Disporapar Balangan, TP PKK Balangan, Babinsa, serta kepala desa.

Menurut Kuwat, melalui lomba yang digelar ini dapat mempererat persatuan dan kerja sama di kalangan masyarakat serta dapat memotivasi masyarakat untuk menjaga dan memperindah lingkungan mereka.

Kades Sumber Rejeki menuturkan untuk kategori yang dinilai meliputi hiasan gapura bertema kemerdekaan dengan nuansa merah putih dan pos kamling yang dinilai dari fungsionalitas dan inovasi untuk keamanan lingkungan.

Kemudian kebersihan lingkungan yang mencerminkan kerja sama masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Sementara itu Babinsa Koramil 01/Juai di Desa Sumber Rejeki Arby Fauzan, sangat mengapresiasi kreatifitas masyarakat setempat dalam menghias pos kamling, gapura hingga pekarangan rumah masing-masing.

“Para warga membuat gapura berbentuk burung garuda, kapal tanker, mobil truk oleng, dan masih banyak lagi,” ujar Arby.

Diketahui nantinya setelah melewati penilaian dewan juri, pemenang lomba akan diumumkan pada acara jalan santai di Desa Sumber Rejeki pada 18 Agustus 2024 mendatang.(iwn/iniberita).