Dewan Setujui RAPBD Perubahan 2022 Untuk Dibahas

oleh -439 Dilihat
Foto. DPRD Kota Banjarmasin bersama pemerintah kota menggelar dapat paripurna.

INIBERITA.id, BANJARMASIN- DPRD Kota Banjarmasin dalam rapat paripurna telah setujui, Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2022 untuk dibahas yang di ajukan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin.

Rapat paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Harry Wijaya, didampingi unsur Wakil ketua HM Yamin HR, Matnor Ali danTugiatno dan dihadiri Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina tersebut, seluruh fraksi menyetujui saat memberikan pandangan umum fraksi.

“Kita berharap pembahasan secepatnya dilaksanakan hingga secepatnya juga disahkan, agar program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat yang sudah disepakati bersama segera berjalan,” kata Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Harry Wijaya politisi PAN ini.Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina mengungkapkan, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2022 ini, naik menjadi Rp2 triliun.

“Untuk belanja daerah pada APBD perubahan ini dirancang jadi Rp2 triliun lebih,”ungkapnya.di gedung dewan kota, Jumat.

Ibnu Sina menjelaskan, untuk RAPBD perubahan 2022 yang diajukan ini, dengan skema kenaikan pendapatan sekitar Rp200 miliar dan belanja daerah naik sekitar Rp100 miliar.

Menurutnya, kebijakan ini asumsinya sangat optimis, dengan mulai naiknya ekonomi daerah, dengan mulai meredanya pandemi Covid-19, sehingga pendapatan asli daerah diproyeksi naik.

“Selain itu dana-dana pendapatan lain, seperti Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU), bisa dimaksimalkan,”jelasnya.

Ibnu Sina menegaskan, untuk pendapatan asli daerah di kota, potensinya yang naik tetap pada sektor andalan, yaitu pajak restoran dan pajak bumi dan bangunan (PBB), demikian juga ada koreksi, pada dana Silpa yang dimasukkan ke APBD perubahan ini.

“Pemko dan DPRD Kota Banjarmasin akan bersinergi dan koordinasi untuk kebijakan RAPBD Perubahan 2022 ini, bisa dibahas dengan baik dan lancar,”tegas ibni Sina berharap. (ridho/iniberita)