Dinkes Banjar Aktif Layani Kesehatan Warga Terdampak Banjir

oleh -286 Dilihat

INIBERITA.id, MARTAPURA-Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dengan tegas membatah, terkait pemberitaan warga meminta sumbangan untuk beli salep tidak benar.

Sebab, Dinkes melalui tim Puskesmas setempat aktif dan menjadwalkan memberikan pelayanan kesehatan, terdampak masyarakat terdampak banjir.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes), Dinkes Banjar Subehan melalui pesan singkat WhatsApp, pada Selasa (7/3/23) mengungkapkan, pihaknya melalui bidan desa aktif, memberikan pelayanan kesehatan dan pembagian salep kulit untuk mengobati kutu air.

Subehan menambahkan, informasi dari Kepala Dinkes Banjar Yasna Khairina, terkait persedian obat salep kulit untuk antisipasi, dampak bencana banjir, selama tanggap darurat masih tersedia di Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK), salep 24 masih tersedia 3.210 tube dan Miconazole 16.296 tube.

“Stok obat kulit untuk banjir di Dinkes masih banyak dan terus disalurkan, kemudian di daerah tersebut juga sudah dilakukan pelayanan kesehatan serta pembagian salep kulitnya, ”ungkapnya.

Dikatakannya, untuk daerah yang masih belum terakomodir pelayanan kesehatan, termasuk salep kulit dimaksud oleh puskesmas, tim kesehatan kabupaten siap memback up kelapangan.

Sedangkan foto dalam pemberitaan itu, diketahui di Sungai Rangas Ulu Kecamatan Martapura Barat, dijelaskannya bahwa pelayanan kesehatan disana, dilakukan 3 Maret 2023, oleh bidan desa (istri polisi) yang bertugas posisi stanby dan bermukim di desa setempat.

Bahkan, mereka selalu aktif membantu warga untuk memberikan pelayanan kesehatan, bagi warga terdampak banjir disana.(rilbanjar/iniberita)