DPRD Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Banjarmasin

oleh -514 Dilihat
Foto.Ketua Pansus DPRD Kota Banjarmasin Zainal Hakim

INIBERITA.id, BANJARMASIN-
DPRD Kota Banjarmasin dorong
ekonomi kreatif untuk menjadi salah satu faktor penting, dalam peningkatan ekonomi masyarakat di Banjarmasin.

Saat ini DPRD dan Pemerintah Kota (Pemko)Banjarmasin tengah menggodok sebuah regulasi, terkait pengembangan ekonomi kreatif di Banjarmasin, agar mampu bersaing seperti daerah lain di Indonesia.

Ketua Pansus Raperda pengembangan Ekonomi Kreatif Zainal Hakim ST menjelaskan, ada beberapa item atau poin yang termasuk dalam ekonomi kreatif antara lain, aplikasi, game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, film animasi video, fotografi, kriya, kuliner, musik, fesyen, penerbitan, periklanan, televisi dan radio, seni pertunjukan, dan seni rupa.

“Dari sejumlah item ekonomi kreatif itu, ada banyak yang masih belum dikembangkan di Banjarmasin,” ucap Ketua Pansus Zainal Hakim, Kamis (23/6/22).

Saat ditanya, apakah Perda itu nantinya mampu mempercepat pengembangan ekonomi kreatif di Banjarmasin, Zainal Hakim menegaskan, ada beberapa kewajiban pemerintah sesuai amanat Undang-Undang antara lain pembinaan, perlindungan, dan pemasaran.

“Makanya sangat penting membuat regulasinya. Kita ingin ekonomi kreatif ini berkembang pesat di Banjarmasin seperti daerah lain,”tegasnya.

Baca Juga :   Dewan Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Wali Kota Tahun 2023

Dikatakan Politisi PKB itu, diera digitalisasi seperti saat ini, sangat penting bagi masyarakat untuk meningkatkan sumber daya manusia, khususnya yang mendukung ekonomi kreatif, untuk menambah perekonomian warga.

“Masih banyak peluang ekonomi yang bisa menambah perekonomian warga. Sudah tugas pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Banjarmasin,”katanya.(benk/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.