DPRD Kota Banjarmasin Terima KUA PPAS APBD Tahun 2024

oleh -760 Dilihat
Teks foto. Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Harry Wijaya.

INIBERITA.id, BANJARMASIN-
DPRD Kota Banjarmasin menggelar rapat paripurna, dengan agenda menerima dokumen Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Rancangan Prioritas Platform Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2024 yang disampaikan langsung, oleh Walikota H Ibnu Sina. Kamis (10/8/23).

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina menyampaikan, KUA PPAS APBD tahun 2024, dengan struktur keuangan sekitar Rp2,5 triliun.

“Insya Allah nanti pada perubahan APBD 2024 bisa nambah sekitar Rp200 miliar,” ujarnya.

Dijelaskan Walikota Banjarmasin,
memang sulitnya naik signifikan APBD 2024 hingga Rp3 triliun, karena pada APBD 2023 ini sudah dinaikkan sangat signifikan, yakni dari Rp2 triliun ke Rp2,5 triliun.

“Di mana target pendapatan asli daerah (PAD) juga naik sekitar 100 persen hingga jadi Rp700 miliar,” jelasnya.

Walaupun demikian ujar Ibnu Sina, Pemko Banjarmasin didukung legislatif terus berupaya, agar PAD di kota ini terus bisa naik, hingga lebih maksimal untuk pembangunan, perbaikan ekonomi masyarakat dan lainnya sesuai janji politiknya.

Banyak program pembangunan prioritas yang diupayakan bisa tercapai pada 2024 ini, sesuai visi dan misi kepemimpinannya.

“Dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) itu hingga 2026, jika kepemimpinan kita sampai lima tahun, tapi karena di korting Pilkada serentak pada 2024, maka dimaksimalkan untuk tercapai hingga 2024,”ujarnya.

Adapun rencana besar pembangunan infrastruktur fisik yang dirancangnya, tegasIbnu Sina, diantaranya pembangunan gedung perkantoran Pemkot Banjarmasin setinggi antara 8–10 lantai di belakang balaikota.

“Paling tidak pada APBD 2024 sudah dianggarkan pembuatan Detail Engineering Design (DED) untuk pembangunan itu,”tegasnya.

Ditambahkannya, rencana pembangunan jembatan di sungai Martapura yakni, jembatan dari Jalan Pramuka di Banjarmasin Timur ke Sungai Gampa di Banjarmasin Utara.

“Hal itu juga rencana pembangunan jembatan di Sungai Andai ke Cemara Raya di Banjarmasin Utara,” tambajnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Harry Wijaya mengatakan, pihaknya secepatnya akan melaksanakan pembahasan KUA PPAS APBD tahun 2024 tersebut, sebagai tindak lanjut setelah ditetapkan pada rapat paripurna ini

Sebagaimana yang disampaikan pihak Pemko Banjarmasin harus terus maksimalkan dan memanfaatkan anggaran untuk kemaslahatan masyarakat serta kemajuan pembangunan.

“Kita lihat nanti di pembahasan seperti apa struktur KUA PPAS APBD tahun 2024 tersebut,” katanya.(benk/iniberita).