Fraksi Demokrat Golkar Tolak Reses Perorangan

oleh -453 Dilihat

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Dua fraksi di DPRD Kota Banjarmasin, yaitu Partai Demokrat dan Golkar, sepakat menolak melaksanakan reses secara perorangan.

Karena dalam surat resmi yang disampaikan kepihak sekretariat DPRD Kota Banjarmasin, hanya dua fraksi yang menolak pelaksanaan reses perorangan, menginginkan secara berkelompok.

Namun, keinginkan fraksi Demokrat dan Golkar tersebut, ditantang dan tidak didukung, oleh enam fraksi yang ada di DPRD Kota Banjarmasin, yaitu fraksi PAN, Gerindra, PDI Perjuangan, PKB, PKS dan terakhir fraksi Restorasi Bintang Persatuan (RBP) DPRD Kota Banjarmasin, sepakat menginginkan reses secara perorangan.

Ketua fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Banjarmasin Taufik Husin mengatakan, perbedaan pandangan dalam menilai sebuah kegiatan itu, menurutnya wajar dan lumrah dalam mengambil keputusan, dengan tujuan sama, baik reses perorangan maupun berkelompok.

Yaitu untuk menerima dan menampung aspirasi masyarakat, namun reses perorangan lebih afdol dan tepat sasaran,
Karena reses anggota DPRD Banjaramasin itu, idealnya dilakukan secara perorangan.

Sebab reses itu, merupakan bekerja diluar gedung DPRD untuk menjumpai langsung konstituen, di Daerah Pemilihannya (Dapil) dimasing-masing, dalam menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat, guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen.

“Dalam rangka untuk menjaring, menampung aspirasi konstituen serta melaksanakan fungsi pengawasan dikenal dengan kunjungan lapangan, sebagai perwujudan perwakilan rakyat Kota Banjarmasin dalam pemnerintah kota, ”katanya kepada media iniberita.id. Minggu (5/2/23).

Sebelumnya, Wakil ketua komisi III DPRD Kota Banjarmasin Afrizaldi menegaskan, sebenarnya reses perorangan itu, tidak akan terjadi selama anggota dewan yang bersangkutan serius, dalam menjalankan tugasnya.

“Hal ini tergantung pada niat pribadi anggota dewan itu sendiri, apakah benar-benar memperjuangkan hak rakyat atau tidak, jangan takut kita melaksanakan asalkan dengan benar sesuai prosedur,”tegasnya.(benk/iniberita)