Hari Raya Idul Adha, Pastikan Ratusan Hewan Kurban Tersedia

oleh -1221 Dilihat
Teks foto. Kepala Bidang Peternakan DKP3 Balangan Mariani.

INIBERITA.id, BALANGAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), memastikan sebanyak 272  ekor hewan kurban tersedia, pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

“Kami pastikan stok hewan kurban tercukupi dan menjamin kesehatan hewan kurban yang masuk ke Kabupaten Balangan pada Idul Adha nanti,”uingkap Kepala Bidang Peternakan DKP3 Balangan Mariani. Senin (10/6/2024).

Menurut Mariani, untuk jumlah keseluruhan hewan kurban, sekarang ini sudah berada di angka 272 ekor, sedangkan kebutuhan pasar hewan kurban, di Kabupaten Balangan cukup beragam.  totalnya sebanyak 272 ekor hewan kurban dan tidak hanya sapi, melainkan hewan kerbau, sebanyak 16 ekor kerbau dan 43 ekor kambing dan 7 ekor domba.

Perlu diketahui juga, sampai saat ini, Dinas Pertanian Kabupaten Balangan tidak pernah mendapati hewan kurban yang tidak lulus uji kesehatan, semuanya sudah lulus uji kesehatan.Hal ini dikarenakan, pemeriksaan Ante Mortem terus dilakukan, secara berkala dan menyeluruh ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan.

“Kami mendapati ada hewan kurban yang tidak lolos uji kesehatan maka hewan kurban itu tidak kami perbolehkan beredar di peternakan yang ada di Kabupaten Balangan,” ujarnya.

Sementara itu, Tim Kesehatan Hewan DKP3 Balangan drh Ayu Asrinandi menambahkan,  untuk teknis di lapangan biasanya, pihaknya bersama tim langsung ke pengepul hewan ternak untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sebab, kalau mendapati hewan kurban yang sakit seminggu, sebelum hari raya Idul Adha, maka masih bisa diobati dan disembelih, pada saat pelaksanaan hari raya Idul Adha..

“Kalau sudah mendekati hari raya Idul Adha sakitnya tidak sembuh, maka sudah tidak dapat disembelih lagi,” tambahnya. (iwn/iniberita).