Jelang Ramadan, Lapas Narkotika Gelar Kajian Bersama Ustadz Abdurahman

oleh -671 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id, MARTAPURA-Menjelang datangnya bulan suci Ramadan 1444 H, sekaligus melaksanakan pembinaan mental dan akhlak, bagi warga Binaan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan Kabupaten Banjar, menggelar kajian bersama Ustadz KH Abdurahman, di Masjid At-Taubah Lapas, Sabtu (4/3/23).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalsel Faisol Ali, kepada jemaah mengajak untuk selalu bersyukur, selain bertujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, kegiatan ini juga sebagai bentuk reintegrasi sosial yang saat ini, gencar digalakkan.

Sekaligus untuk persiapan WBP, bagi Lapas dan Rutan di Kalsel serta untuk mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil-Qur’an (MTQ) tingkat nasional.

“Hal ini dalam rangka semarakkan, Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 tahun 2023 dan berharap akan ada perwakilan WBP, dari Kalsel yang mengikutinya,”ungkap Faisol Ali.

Kemudian, Ustadz Abdurahman dalam ceramahnya, meminta seluruh jemaah, agar senantiasa beribadah kepada Allah dan melaksanakan perintahNya serta menjauhi segala yang dilarang.

“Maksud Allah menciptakan manusia dengan tujuan seperti yang terdapat pada Quran Adz Dzariyat ayat 56 yang berbunyi; dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku,”ujarnya.

Kalapas Narkotika Karang Intan Wahyu Susetyo menjelaskan, kajian dan doa bersama ini, merupakan bagian dari pembinaan kepribadian yang diselenggarakan Lapas untuk WBP.

Untuk memperbaiki dan memperbaharui mental, serta tingkah laku WBP melalui tausiah yang disampaikan penceramah.

“Tausiah ini, bagian dari bimbingan kepribadian untuk membina mental WBP, diharapkan mereka memiliki kepribadian yang sehat, akhlak terpuji dan bertanggung jawab dalam menjalani pembinaan dan kehidupan yang baru saat bebas nanti,”jelasnya.

Menjelang bulan ramadan, Kalapas juga berharap seluruh WBP menjaga kesehatan dan keimanan, sehingga dalam menjalankan ibadah puasa nanti bisa optimal,
Dengan memperbanyak ibadah-ibadah sunah, selain ibadah wajib, khusyuk menjalankan ibadah shalat taraweh dan tadarus di masjid setiap malamnya.(rilbanjar/iniberita)