Kejurwil 4 TI 2022 Mulai Digelar Di Banjarmasin

oleh -485 Dilihat
Teks foto. Pertandingan Taekwondo kelas Junior, Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) 4 Kalimantan Taekwondo Indionesia (TI) 2022.

INIBERITA.id, BANJARMASIN – Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) 4 Kalimantan Taekwondo Indionesia (TI) 2022 sekaligus Piala Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai digelar, Selasa (29/11/2022) sampai dengan Kamis (1/12/2022), di GOR Hasanudin HM, Banjarmasin.

Sebagai ajang seleksi menuju Kejurnas TI 2022 yang bakal dilaksanakan di Banten pertengahan Desember 2022, ratusan atlet dari berbagai usia siap bersaing.

Wakil Ketua Pelaksana sekaligus Sekretaris Umum (Sekum) Pengurus Provinsi (Pengprov) TI Kalsel, Hendri saat menyampaikan laporan panitia pelaksana menyampaikan, Kejurwil 4 Kalimantan TI 2022 hanya diikuti empat provinsi.

Adapun pesertanya dari Pengprov TI Kalimantan Selatan (Kalsel), Pengprov TI Kalimantan Tengah (Kalteng), Pengprov TI Kalimantan Timur (Kaltim), dan Pengprov TI Kalimantan Utara (Kaltara).

“Bersama ini kami sampaikan bahwa Pengprov TI Kalimantan Barat (Kalbar) telah mengirimkan surat tidak dapat mengikuti Kejurwil kali ini,” jelasnya, Selasa (29/11/2022).

Lanjutnya ia menyampaikan, Kejurwil 4 Kalimantan TI 2022 ini mempertandingkan delapan kelas. “Dan untuk juara umum akan mendapatkan trophy Gubernur Kalsel,” tukasnya.

Ketua Pengprov TI Kalsel, Bambang Supriadi membeberkan, bahwa Kejurwil ini dilaksanakan secara mendadak.

Hal itu dikarenakan, sebelumnya wilayah yang ditunjuk untuk melaksanakan tidak sanggup untuk melaksanakan Kejurwil 4 Kalimantan TI 2022.

“Hampir tidak dilaksanakan, namun Kalsel bersedia dan siap melaksanakan, makanya mendadak ini” ujarnya singkat.

Lebih lanjut ia mengatakan, pemenang Kejurwil kali ini akan mewakili wilayah 4 Kalimantan untuk mengikuti Kejurnas TI yang akan dilaksanakan pada Tanggal 15 – 18 Desember 2022 di Provinsi Banten.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel, H Hermansyah menyampaikan, menjadi tuan rumah, tentunya suatu kebanggan sendiri untuk Kalsel.

Ia juga mengapresiasi, rekan-rekan panitia dari Pengprov Kalsel yang telah menyiapkan acara ini dengan sangat baik, meskipun diakuinya, pelaksanaan ini digelar secara mendadak, sehingga tidak bisa dipersiapkan secara maksimal karena tidak ada dalam program.

“Kita berharap Kejurwil yang dilaksanakan kali ini bisa menghasilkan bibit-bibit atlet Taekwondo Kalsel, mengingat Taekwondo ini kan masuk desain besar olahraga nasional,” tuturnya.

“Tentu harapan kita, dengan Taekwondo masuk desain besar olahraga nasional, atlet-atlet semakin banyak, karena yang dipertandingkan ini banyak kelas pemula,” tambahnya.

Ia kembali berharap, Kejurwil ini menjadi titik awal kebangkitan Taekwondo khususnya di Kalsel.

Kendati mendadak, Herman mengaskan Dispora Kalsel tetap mendukung baik dalam pendanaan maupun fasilitas.

“Tapi tahun depan, kita sudah bicara dengan Pengurus Pusat TI, agar nanti kita bisa ditetapkan, paling tidak ada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) atau misalnya PraPON kita Kalsel siap menyambut itu,” pungkasnya.

Adapun kelas yang dipertandingkan pada Kejurwil 4 Kalimantan TI 2022  :

(1). Kelas Kyorugi Cadet Prestasi Putra dan Putri Usia 12 – 14 Tahun. (2). Kelas Kyorugi Junior Prestasi Putra dan Putri Usia 15 – 17 Tahun.
(3). Kelas Kyorugi Pra Cadet Putra dan Putri Usia 9 – 11 Tahun. (4). Kelas Kyorugi Festival. (5). Kelas Poomsae Individu Putra dan Putri. (6). Kelas Poomsae Pair (Berpasangan) (7). Kelas Poomsae Beregu Putra dan Putri. (8). Kelas Pemula Putra dan Putri Berdasarkan Sabuk.(yan/iniberita)