Ketua PWWM Balangan Harapkan Para Janda Bisa Hidup Mandiri

oleh -790 Dilihat
Teks foto. Anggota Persatuan Wanita-Wanita Mandiri (PWWM) Kabupaten Balangan.

INIBERITA.id, BALANGAN- Ketua Persatuan Wanita-Wanita Mandiri (PWWM) Kabupaten Balangan, Ida Lisa atau yang kerap disapa Mama Cindy ini, harapkan para janda yang ada di Balangan bisa hidup mandiri.

“Kami imbau kaum perempuan yang berstatus janda agar dapat hidup mandiri jangan sampai beperilaku negatif, bahkan nekat menjual diri,” kata Mama Cindy di Paringin, Sabtu (31/12/22).

Menurutnya, boleh saja sedih tapi jangan berlarut-larut, apalagi sampai muncul sifat minder dan menimbulkan ketidak percaya diri, hendaknya dihindari sifat tersebut, memang berstatus janda tidak mudah, bahkan berstatus janda sering dinilai negatif.

Untuk menanggapi penilaian negative tersebut, mereka harus bangkit dan kuat menghadapinya, salah satunya ciptakanlah lapangan kerja sendiri, walaupun tanpa didamping seorang lelaki dan buktikan berstatus janda, adalah perempuan yang tangguh dan kuat.

“Buktikan dan tunjukan kepada kaummu sendiri, bahwa berstatus janda jangan dipandang sebelah mata, dengan kemandirian dan ciptakan lapangan kerja itu membuktikan kepada masyarakat,”ujarnya.

Sebelumnya, berdasarkan data dari agregat kependudukan tahun 2022 semester I, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Balangan, mencatat sedikitnya ada 6.967 perempuan di Kabupaten Balangan berstatus janda dan status duda dari kalangan pria hanya 2.181 orang saja.

“Dari total janda mencapai 6.967 orang ini, 1.691 di antaranya menjanda akibat cerai hidup dan sisanya menyandang status tak bersuami lagi, akibat ditinggal mati atau cerai mati,”ungkap Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan pemanfaatan Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Balangan Mustofa Kusuma. (wan/iniberita)