Melalui Bintek, TP PKK Kalsel Tingkatkan Kemampuan Kader Posyandu

oleh -331 Dilihat
Foto Istemewa

INIBERITA.id, BANJARMASIN- TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) Peran PKK Pada Sosialisasi Meja 6 di Posyandu Banua, di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Rabu (15/3/23).

Bimtek tersebut dihadiri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Plt Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kalsel Subhan Noor Yaumil.

Ketua TP PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah Sahbirin mengatakan, bimtek yang merupakan agenda rutin tahunan untuk menguatkan kinerja posyandu meja 6 yang berkaitan, dengan diversifikasi dan ketahanan pangan.

Disebutkan Hj Raudatul, saat ini sistem pelayanan Posyandu terbagi menjadi 7 meja yakni pendaftaran, penimbangan, pencatatan KMS, penyuluhan, pelayanan, penganekaragaman pangan, dan peningkatan ekonomi keluarga.

“Dengan bimtek ini kita diharapkan bisa meningkatkan wawasan, kemampuan, dan pengetahuan kader posyandu di Kalsel, sekaligus meningkatkaj ekonomi keluarga,”katanya.

Sementara itu, Paman Birin dalam sambutannya dibacakan Plt Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kalsel Subhan Noor Yaumil, peran TP PKK sangat penting bagi masyarakat dan bertugas melakukan fasilitasi, pembinaan, pemantauan, dan pengawasan kegiatan Posyandu sesuai kebutuhan peningkatan fungsi dan kinerja.

Posyandu tidak terlepas, dari intervensi yang dilakukan PKK, dimana fungsi dasar Posyandu memberikan pelayanan kesehatan dasar pada ibu, bayi dan balita.

Para peserta bimtek diharapkan mengikuti setiap materi dan mendiskusikan hal-hal yang dinilai perlu.

“Mereka dapat kiranya menjadi fasilitator yang meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan para kader Posyandu terkait percepatan keragaman pangan,”ujar Subhan.

Selain itu ujarnya, kader posyandu juga diharapkan mampu membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya penganekaragaman pangan serta menggerakkan mereka untuk berpartisipasi pada meja 6 ini.

Dalam rangka pelaksanaan Program Pokja III TP PKK ini diisi, dengan kerjasama TP PKK bersama Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel, pemberian bantuan paket sembako dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK ke 51 sekaligus paket bantuan pemenuhan kebutuhan pangan KPM PKH se Kalsel tahun 2023 oleh Dinas Sosial Provinsi Kalsel, dan kerja sama dengan Polda Kalsel tentang edukasi tertib lalu lintas.

Materi bimtek yang disampaikan para narasumber adalah, Peran PKK dalam Pelaksanaan Posyandu (Ketua TP PKK Provinsi Kalsel), Pemanfaatan Pekarangan dalam Mendukung Penurunan Inflasi melalui Ketahanan Pangan Keluarga (Kadis Ketahanan Pangan Kalsel), Peran PKK pada Percepatan Penganekaragaman Pangan (TP PKK Pusat), dan Peran PMD dalam Pembinaan dan Pengembangan Pokjanal Posyandu di Banua Kalsel (Kepala Dinas PMD Provinsi Kalsel).

Program Pokja III merupakan program kerja untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensi dan sumberdaya keluarga dalam rangka pemenuhan kebutuhan keluarga dan diversifikasi pangan lokal, pemanfaatan sumberdaya alam, melalui teknologi tepat guna dengan pemanfaatan lahan pekarangan.

Tugas Pokja III adalah mengelola program pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga.

Kemudian, mengupayakan ketahanan keluarga di bidang pangan sesuai dengan UU No. 7 Tahun 1996 tentang Pangan. (adpim/iniberita).