Oktober 2023, Kalsel Tuan Rumah Kemah Bela Negara

oleh -337 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id, MARTAPURA- Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akhirnya ditetapkan, sebagai tuan rumah Kemah Bela Negara, rencananya akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 mendatang

Kepastian ini diungkapkan, Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Bachtiar, disela-sela kunjunganya, di Tahura Sultan Adam, Minggu (5/2/23) siang.

“Untuk Kemah Bela Negara bersamaan dengan peringatan Hari Bela Negara, waktunya akan dilaksanakan pada Oktober 2023, kita sudah tetapkan di Kalsel,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kwarda Kalsel Hj Raudatul Jannah, melalui Wakabinamuda Kwarda Kalsel Agus Salim mengatakan, rencananya Kemah Bela Negara berada di bagi di beberapa titik yakni, Loksado, Tabaniao, Hutan Kahung, Pendulangan Cempaka dan Kiram Park.

Menurutnya, saat ini pihaknya tengah mematangkan konsep Kemah Bela Negara, karena ada perbedaan kegiatan ini, jika dibandingkan daerah lain. Sebagian peserta Kemah Bela Negara akan berbaur, dengan masyarakat di Loksado, tujuanya adalah untuk merasakan langsung budaya yang ada di daerah.

Para peserta akan mengunjungi daerah daerah kejuangan di Kalsel, seperti Tugu Divisi IV Alri di Loksado, Alam Roh di Lok Baintan dan yang lainya.

“Sebelumnya keinginan Kalsel sebagai tuan rumah Kemah Bela Negara ini disampaikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin saat malam ramah tamah dengan Ketua Kwarnas Pramuka Budi Waseso pada Sabtu (4/2) malam,”katanya.

Selanjutnya, Paman Birin dan juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan, berharap kegiatan kemah bela negara ini, dapat berjalan lancar untuk memupuk semangat mencintai negara.

Turut hadir pada malam ramah tamah diungkapkan Sekjen KwarnasMayjen TNI (Purn) Bachtiar, Ketua Kwarda Kalsel Hj Raudatul Jannah, Sekda Prov Kalsel Roy Rizali Anwar, pengurus Kwarda Kalsel serta tamu undangan lainya. (adpim/iniberita)