Paman Birin Doakan Jemaah Asal Kalsel Menjadi Haji Mabrur

oleh -581 Dilihat
Teks foto. Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Adi Santoso.

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Ribuan masyarakat Kota Banjarmasin dan sekitarnya menggelar salat hajat bersama jemaah calon haji Embarkasi Banjarmasin, asal Provinsi Kalimantan Selatan di Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, pada Kamis (9/5/2024) malam.

Salat hajat yang dilakukan setelah Magrib berjamaah ini, diimami KH Ilham Khumaidi dan turut dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin, melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Adi Santoso, sekaligus menyampaikan sambutannya.

Paman Birin menyampaikan rasa syukurnya, bahwa persiapan keberangkatan jemaah calon haji asal Kalsel yang dijadwalkan berangkat perdana pada tanggal 12 Mei 2024, sampai saat ini berjalan lancar sesuai rencana.

Paman Birin, selalu diberikan keamanan, kesehatan, dan keselamatan selama menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekkah hingga kembali ke Banua dengan menyandang status haji yang mabrur. Salat hajat yang digelar, diharapkan menjadi doa dan dikabulkan segala hajat oleh Allah SWT.

Sementara, Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Darul Quthni juga mengajak masyarakat di Kalsel untuk sama-sama mendokan para jemaah calon haji, diberikan kesehatan dan kelancaran dalam ibadah mereka dan mendapatkan haji yang mabrur.

Sebagai informasi, jemaah calon haji Embarkasi Banjarmasin yang diberangkatkan melalui Bandara Sjamsuddin Noor di Banjarbaru, dimulai pada Minggu (12/05/2024) setelah prosesi pelepasan di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Landasan Ulin Banjarbaru.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel Muhammad Tambrin sebelumnya menyebutkan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan stakeholder yang terlibat dalam operasional penyelenggaraan ibadah haji seperti Pemerintah Provinsi Kalsel dalam hal ini Gubernur, Dinas Kesehatan, Balai Kekarantinaan Kelas I Banjarmasin (BKK) yang dulunya KKP, Kemenkumham, Imigrasi, Beacukai, Garuda, Gapura Angkasa, Angkasa Pura dan UPT Asrama Haji.

Keberangkatan para jemaah tahun ini yang sudah masuk Asrama Haji Sabtu (11/05/2024), masih menggunakan jenis Pesawat garuda Airbus 330 dengan kapasitas seat sebanyak 320 orang.

Embarkasi Banjarmasin akan memberangkatkan sebanyak 5,759 orang calon haji dengan rincian, asal Kalsel 4.071 orang dan dari Provinsi Kalimantan Tengah berjumlah 1,688 orang.

Keseluruhan jemaah terbagi dalam 19 kelompok terbang (kloter) yang terdiri dari 18 kloter utuh dan satu kloter bergabung dengan Medan. (adpim/iniberita).