Pemkab Balangan Dinilai Tak Serius Tangani Sampah

oleh -545 Dilihat
Tesk foto. Seorang pengendara saat melintasi jalan yang berserakan sampah di Tungkap Kelurahan Batu Piring, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan Kalsel.

INIBERITA.id, BALANGAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan melalui dinas terkait, dinilai tak serius tangani permasalahan sampah.

Terbukti, sampah yang menumpuk, di lokasi Jalan Raya Tungkap Kelurahan Batu Piring, Kecamatan Paringin menuju Kantor DPRD Dan Kejari Balangan dibiarkan berserakan, sehingga kota menjadi kotor.

Padahal, Balangan ini dijuluki kota Bumi Sanggam, artinya (Sanggup Bagawi Gasan Masyarakat), tapi persoalan sampah saja, tidak mencerminkan kalimat Bumi Sanggam tersebut.

Ayu salah satu setempat mengungkapkan, persoalan sampah yang berada dijalan raya tersebut, tidak sedikit warga Balangan saat melintas mengeluhkan, akibat penumpukan sampah itu, bahkan berbahya bagi pengguna jalan melintas di lokasi tersebut.

Penumpukan sampah yang berada di pinggir jalan tersebut, membuat dirinya dan warga lainnya tidak nyaman, karena bau dan merusak pemandangan, di sekitar jalan tersebut.

“Tumpukan sampah di pinggir jalan ini membuat pengguna jalan tidak nyaman, selain bau juga mengganggu pemandangan,”ungkapnya. Minggu (28/1/23).

Ditegaskan Ayu, orang yang membuang sampah di tempat itu, adalah oknum yang tidak bertanggung jawab dan warga berharap, agar Pemkab Balangan melalui dinas terkait, lebih tegas dan serius menangani sampah yang berserakan di pinggir jalan tembus, ke Kantor DPRD dan Kejari tersebut.

Jangan sampai lokasi tersebut, dijadikan lokasi pembuangan sampah, terlebih lokasi itu dekat, dengan sungai yang berdampak pada lingkungan, harus secepatnya melakukan tindakan, jangan dibiarkan dan menjadi lokasi pembuangan sampah baru.

“Kami minta Pemkab Balangan melalui dinasnya jangan tidur, segera lakukan tindakan dengan turun kelokasi untuk menyelesaikan permasalahan sampah tersebut,,”tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Pemkab Balangan Musa Abdullah, saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan secepatnya mengkoordinasikan, atas penumpukan sampah di jalan raya tersebut, kepada bidang yang bersangkutan.

“Secepatnya kami koordinasikan kepada kawan-kawan di lapangan,” katanya berjanji.(iwn/iniberita)