Pemkab Balangan Laksanakan Kerjasama Bantuan Hukum Dengan Kejari

oleh -1266 Dilihat
Teks foto. Pemkab Balangan usai melaksanakan FGD dengan Kejari Balangan.

INIBERITA.id, BALANGAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan melaksanakan kerjasama bantuan hukum, dibidang perdata dan tata usaha negara dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat.

“Dari sisi Pemkab Balangan kerjasama ini adalah untuk memulihkan aset negara, penyelamatan keuangan negara, peningkatan kapasitas SDM aparatur dan juga hal lainnya,” kata Bupati Balangan Abdul Hadi di Banjarmasin, Sabtu (7/9/2024).

Abdul Hadi bersyukur kerja sama tersebut bukan hanya disambut positif oleh Kejari Balangan, namun juga sudah ada tindak lanjutnya.

Bupati Balangan menyebutkan salah satunya adalah forum diskusi saat ini, yang mana diharapkan untuk mendiskusikan dan memahami berbagai regulasi yang harus ditaati terkait pelaksanaan kerja sama dan paham akan mekanismenya.

Hal tersebut menurut Abdul Hadi tidak terlepas dari tugas, fungsi dan tanggung jawab masing-masing sebagai lembaga negara dimana setiap kebijakan dan tindakan harus dipertanggungjawabkan serta memiliki manfaat yang jelas bagi masyarakat.

Abdul Hadi meminta kepada kepala SKPD untuk benar-benar memahami dan memiliki persepsi yang tepat, karena hal tersebut merupakan tanggung jawab yang harus diemban seorang kepala SKPD.

“Yang lebih penting niatkan semua ini untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Balangan, untuk memajukan daerah yang menjadi tempat kalian berkarir dan mengaktualisasikan diri,” tuturnya.

Diketahui kerja sama tersebut dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang memang sangat penting ditangani, dimana Pemkab Balangan memerlukan bantuan hukum baik berupa pendapat, pendampingan hingga audit hukum.