Pemkab Balangan Targetkan Perseroda Beroperasi 2023

oleh -306 Dilihat
Foto Ilustrasi

INIBERITA.id, BALANGAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan targetkan, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dengan berbentuk badan hukum, Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda), dengan nama PT Asabaru Daya Cipta Lestari, dapat segera berdiri dan beroperasi tahun 2023.

Kabag Ekonomi dan SDA Setdakab Balangan Mahlianor mengatakan, dalam rangka pengisian SOTK PT Asabaru Daya Cipta Lestari (Perseroda), sebagai salah satu syarat, dalam pembuatan akta pendirian perusahaan.

Maka saat ini sedang dilakukan rekrutmen bakal calon anggota direksi, secara terbuka berdasarkan PP Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD dan Permendagri Nomoor 37 Tahun 2018.

Selanjutnya, tahap pertama ini sudah diumumkan, melalui media massa dan media elektronik, perihal penerimaan direksi, yaitu dari tanggal 2-12 September 2022, namun belum ada yang mendaftar, saat ini dilakukan perpanjangan lagi, penerimaan tahap kedua sampai tanggal 26 September 2022.

“Semoga nanti ada yang mendaftar, setelah itu kami melakukan tahapan seleksi yaitu seleksi administrasi, uji kelayakan, kepatutan dan wawancara akhir, bagi calon yangg lulus tahapan-tahapan tersebut,” kata Mahli, kepada media. Senin (20/9/22).

Lebih jauh dijelaskannya, jika nanti ada yang terpilih, maka selanjutnya akan diangkat, oleh pemilik atau pendiri (kepala daerah), di dalam akta pendirian perusahaan yang selanjutnya akan disahkan, oleh Kementerian Hukum dan HAM, sedangkan untuk Perda pendiriannya sudah selesai.

Ditambahkannya, kalau sudah lengkap legalitas bentuk badan hukum pendiriannya, maka akan dilanjutkan, dengan penyertaan modal, dari pemerintah daerah, saat ini Perda penyertaan modalnya juga sudah disahkan.

Selanjutnya, Perseroda ini sudah bisa dijalankan, oleh direksi yang terpilih, hal ini tentu dengan menyiapkan serta melengkapi dokumen inti perusahaan, antara lain NPWP, TDP, keterangan domisili, izin prinsip dan izin-izin operasional terlebih dulu.

“Pada 2023 nanti kami targetkan Perseroda ini sudah berjalan, mudahan dalam tiga bulan ke depan semuanya rampung,”jelasnya.

Selain itu ujarnya, dalam Perseroda ini, ada sejumlah bidang usaha yang dijalankan, salah satunya perdagangan karet. Karena berdasarkan hasil kajian, kebutuhan daerah dan kajian kelayakan bidang usaha yang dilakukan, oleh Tim Peneliti Lembaga dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, ada bidang usaha yang direkomendasikan untuk dijalankan dalam jangka pendek, menengah dan panjang.

“Jangka pendek dan menengah, antara lain pergudangan atau penyimpanan karet, jagung, padi atau beras, perdagangan besar dan eceran serta pengolahan untuk karet, jagung, padi atau beras dan komoditas pertanian atau perkebunan lainnya serta jasa, lalu pada bidang usaha jangka panjang adalah pertambangan batubara,”ujarnya.

Terakhir, dikatakannya, dia berharap melalui Perseroda ini, dapat meningkatkan perekonomian daerah, meningkat PAD, meningkatnya kesejahteraan masyarakat serta menciptakan lapangan kerja, bagi masyarakat Balangan sesuai dengan keahliannya.(wan/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.