Perkuat Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024, Bawaslu Kalsel Akan Bekerjasama Media Massa

oleh -344 Dilihat
Teks foto. Bawaslu Kalsel saat menggelar sosialisasi Pemilu dengan awak media massa.

INIBERITA.id, BANJARMASIN – Memperkuat pengawasan partisipatif Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel akan bekerjasama, para awak media massa.

Ketua Bawaslu Kalsel Azhar Ridhanie mengatakan, peran pers begitu penting dalam menyukseskan pesta demokrasi.

Berkaitan dengan ini, pihaknya meminta peran media massa untuk mewujudkan pemilu yang demokratis dan berintegritas.

Menurutnya, pers adalah bagian dari empat pilar demokrasi yang memiliki fungsi sarana informasi dan edukasi, berkaitan dengan itu, Bawaslu Kalsel akan menyiapkan langkah-langkah kerjasama, dengan media massa dalam penguatan pengawasan tersebut.

” Karena peran aktif media ini akan memberikan kontribusi besar bagi proses berdemokrasi kita di 2024,”katanya, saat menggelar sosialisasi dengan wartawan, di Ball room G’sign Banjarmasin. Sabtu(10/12/22).

Selanjutnya, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel Zainal Helmie, saat memberikan materi yang berjudul ” peran penting media massa dalam pengawasan partisipatif ” mengungkapkan, sebenarnya fungsi pers sebagai kontrol sosial yang sangat relevan untuk mewujudkan pemilu yang demokratis dan berintegritas.

Karena fungsi media massa tersebut, selain sebagai informasi positif, edukasi, bahkan wartawannya memegang teguh pada kode etik jurnalistik dalam setiap pemberitaannya.

“Fungsi media massa selain informasi, edukasi, yakni kontrol sosial. Peran media ini sangat besar walaupun di era destruksi digital. Media massa masih menjadi pengasahan infomasi yang beredar di masyarakat,” ungkapnya.(benk/iniberita)