Puskesmas Pemurus Dalam dan Pelambuan Diresmikan

oleh -1383 Dilihat
Teks foto, Walikota H Ibnu Sina memantau Puskemas yang diresmikan.

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Puskesmas Pemurus Dalam Jalan Beruntung Jaya, Kelurahan Pemurus Dalam, Kecamatan Banjarmasin Selatan dan Pelambuan Jalan Barito Hulu, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat diresmikan, Selasa (10/9/2024).

Pembangunan Puskesmas yang rampung pada 2023 lalu itu, memakan dana APBD sebesar Rp 5,6 miliar untuk pembangunan Puskesmas Pelambuan, sedangkan untuk Puskesmas Pemurus Dalam Rp 5,3 miliar.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina bersyukurlah, meresmikan Puskesmas Pemurus Dalam dan Pelambuan tersebut, bertujuan untuk  peningkatan pelayanan kesehatan di tingkat dasar.

Dirinya berharap, masyarakat makin sehat, dengan pelayanan dan gedung semakin meningkat, lengkap sangat representative ini, ditambah nyaman dan bersih, ketika masyarakat mau berobat sebelum ke rumah sakit (RS).

“Masyarakat jangan segan-segan untuk datang ketika sakit dan pemeriksaan rutin,karena pemerintah kota sudah memberikan  pelayanan kesehatan semakin baik,”ujarnya.

Ibnu Sin menegaskan, kepada Puskesmas hendaknya bisa melayani masyarakat dengan sepenuh hati dan baik, pelayanan itu bukan pada masyarakat dikawasan dekat Puskesmas itu saja,  namun masyarakat kabupaten tetangga pun bisa berobat, seperti  masyarakat tetangga di Kabupaten Barito Kuala (Batola) dan Tamban.

Sedangkan Puskesmas Pemurus Dalam, selain melayani warga sekitar juga melayani warga tetangga Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, bangunan baru bisa bertahan lama, dapat dipelihara, dijaga dan dirawat dengan baik hasil-hasil pembangunan Banjarmasin.

“ Apalagi, sarana dan prasarana yang tersedia memadai dan Pusksesmas bisa melayani USG bagi Ibu Hamil di seluruh Puskesmas se-kota Banjarmasin. Kalau sakit berlanjut, silahkan di rujuk ke RSUD Sultan Suriansyah dan tempat lainnya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin dr Tabiun Huda mengatakan, dua Puskesmas yang diresmikan merupakan rehab total dibangun 2023.

“Sebab dengan rehab, setiap bulannya bisa melayani hampir 1.000 hingga 1.400 pasien, adapun untuk rehab Puskesmas ini satunya menelan anggaran Rp5 miliar,”katanya.

Salah satu warga Pelambuan Fitriah Herlina mengungkapkan, dengan sudah direhab Puskesmas harus menjadikan pelayanan lebih baik dan tempat nyaman maupun bersih.

“Dengan bangunan yang terdahulu, setelah direhab, dari dulu memang sering berobat kesini, kebetulan tadi periksa kandungan,”ungkapnya. (adv/iniberita).