PWI Kalsel Peroleh Lima Medali Porwanas XIII di Malang

oleh -438 Dilihat
Teks foto. Kontingen Porwanas PWI Kalsel.

INIBERITA.id, MALANG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengantongi lima medali, sekaligus berhasil memperbaiki peringkat, di ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII 2022, di Malang Raya Jawa Timur (Jatim).

Porwanas XIII di Malang yang digelar mulai 21 sampai 26 November 2022 tersebut, para atlet PWI Kalsel telah mampu meraih 1 emas, 3 perak dan 1 perunggu.

Dengan demikian, para atlet Porwanas PWI Kalsel dapat menorehkan di peringkat ke 6, naik tiga tingkat di Porwanas XII di Jawa Barat (Jabar), pada 2016 lalu dengan urutan ke Sembilan.

Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie mengungkapkan, dirinya merasa bangga, mengapresiasi dan memberikan penghargaan, bahwa teman-teman berhasil apa yang diraih, para atlet wartawan banua, telah menorehkan hasil yang terbaiknya untuk PWI Kalsel.

“Kita dapat bersyukur atas perjuangan kawan-kawan yang sudah luar biasa, ke depannya akan perbaiki lagi, agar masuk ke-3 besar Porwanas yang akan datang,”ungkapnya.

Helmie panggilannya mengatakan, lima medali yang diraih oleh PWI Kalsel, dua di dari cabang Esport, yaitu perak dan perunggu dan pihaknya sangat bersyukur, olaharga Esport ini merupakan cabang baru di Malang, namun PWI Kalsel berhasil meraih dua medali.

Hal ini menujukan, bahwa atlet Porwanas PWI Kalsel bisa bersaing, dengan provinsi lain. “Pada Porwanas 2025 kita lebih mempersiapkan lagi, sehingga kawan-kawan bisa meraih emas,”katanya.

Sedangkan untuk medali emas ujar Helmie, berasal dari cabang olahraga (cabor) catur beregu, satu tambahan perak dari fotografi.

“Saya apresiasi kawan-kawan yang sudah berusaha untuk menjadi yang terbaik,”ujarnya

Sementara itu, Ketua Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Kalsel Irwansyah mengungkapkan, pihaknya bersyukur atas perolehan medali, pada Porwanas XIII di Malang Jatim ini, sehingga PWI Kalsle bisa memperbaiki peringkatnya dari sebelumnya.

Selain kerja keras para atlet dan ofisial, raihan ini tidak lepas dari dukungan Pemprov Kalsel terutama Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

“Beliau memberi kami semangat yang luar biasa saat melepas atlet pada 15 November lalu,”ungkap Iwan panggilannya.

Kemudian, semangat pata atlet Porwanas PWI Kalsel, semakin bertambah, ketika keberangkatan mereka dilepas langsung, oleh Ketua Kontingen PWI Kalsel Sandi Fitrian Noor, di ruang keberangkatan Bandara Internasional Syamsudin Noor, Minggu (20/11/22) itu.

Putra sulung Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor ini, dengan ramah menyapa seluruh para atlet untuk memberikan motivasi.

Porwanas Malang Raya dibuka Menteri Olahraga RI Zaunudin Amali dan ditutup oleh Ketua Umum PWI Atal S Depari, di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang.

Porwanas kali ini, mempertandingkan 10 Cabang Olahraga (Cabor) yakni Bridge, Catur, Tennis Meja, Tenis Lapangan, Bulutangkis, Sepakbola, e-sport, Billiar, Atletik, dan Futsal. Juga menambahkan dua cabor ekshibisi yakni senam dan tenis meja ibu-ibu atau IKWI.

Porwanas XIII digelar di Kota Malang dan Kota Batu di 19 tempat. Merupakan Pesta olahraga untuk wartawan bagi anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) diikuti 1.300 atlet yang didampingi 900 orang ofisial. Pesta olahraga tersebut juga melibatkan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) yang berjumlah kurang lebih sebanyak 3.000 orang. (tim/iniberita)