Quick Response SAR, Ditpolairud Polda Kalsel Evakuasi Perahu Tenggelam Diperairan Sungai Barito

oleh -446 Dilihat
Teks foto. Saat personel Ditpolairud Polda Kalsel bersama warga mengevakuasi korban perahu yang tenggelam diperairan Sungai Barito.

INIBERITA.id, BANJARMASIN – Ditpolairud Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Kapal Polisi XIII-2007, melakukan evakuasi atau Quick Response SAR, terhadap perahu kecil yang tenggelam, di Sungai Barito Dekat pulau kembang, Jumat (6/1/23).

Dir Polairud Polda Kalsel Kombes Pol Takdir Mattanete, melalui Komandan Kapal Polisi XIII-2007 Bripka HM Jafar menjelaskan, sekitar pukul 10.30 Wita saat itu Anak buah Kapal (ABK) KP-XIII-2007, sedang melaksanakan patroli di perairan Pulau Kembang, pada titik koordinat S 03° 18′ 453″ – E 114° 33′ 452″

“Tanpa sengaja melihat perahu kecil yang bergantung di buritan perahu tiung yang bergantung, pada sebuah tongkang kosong mengalami tenggelam,dikarenakan kena ombak,”jelasnya.

Melihat kejadian itu ujar Bripka HM Jafar, pihak ABK KP XIII-2007 dengan cepat, melakukan pertolongan dan mengevakuasi, kepada pemilik perahu kecil bersama perahu yangdigunakannya tersebut.

Berhubung, perahu kecil itu masih terikat, di buritan perahu tiung, kemudian pihaknya menarik dan mengevakuasi, kearah lokasi dok Kapal Kodja Bahari untuk dilakukan mengurasan.

Kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa, karena si pemilik perahu kecil bernama Barhan (52), warga Desa Tatah Sigit, Kecamatan Alalak Kelurahan Berangas Timur Kabupaten Barito Kuala, pihaknya cepat menyelematan.

“Kami bersyukur warga yang sehari hari bekerja sebagai petani, cepat diselamatan dari peristiwa tersebut,”ujarnya.

Bripka HM Jafar menegaskan, agar peristiwa ini tidak terulang, pihaknya mengimbau masyarakat pesisir yang menggunakan akses perairan Sungai Barito, berhati-hati saat berada di sungai.

Terutama jangan menggantungkan perahunya, di sebuah tongkang yang ditarik oleh kapal tagboat, karena sangat membahayakan, bagi masyarakat sendiri, seperti yang terjadi saat ini.

“Kami dari pihak kepolisian meminta kepada masyarakat pesisir, selalu mengutamakan keselamatan,”tegasnya.(ridho/iniberita)