Ramadhan Pertama, Keluarga Besar HA Sulaiman HB dan Hj Nurhayati Gelar Haul Jama

oleh -324 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id, BANJARMASIN-Tepat pada Ramadhan pertama ini, keluarga besar almarhum H Abdussamad Sulaiman bin H Basirun dan almarhumah Hj Nurhayati binti H Anang Dullah, menggelar Haul Jama sekaligus buka puasa bersama.

Haul tersebut di hadir sejumlah habaib, alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, pejabat, forkopimda hingga kerabat dan masyarakat, serta keluarga besar Hasnur Group dan Barito Putera, pada pelaksanaan haul yang dilaksanakan di kediaman Jalan Kampung Melayu Darat, Selasa (12/4/2024).

Tampak hadir dalam Haul Jama yang berlangsung khidmat tersebut adalah, Habib Quraisy Baharun (Cirebon), Habib Ali Zainal Abidin (Jawa Timur), Habib Haidar Al-Hamid (Tanggul), Habib Fahmi Al-Muhdhor (Probolinggo), Habib Motashem Al Harafas (Palestina), Habib Muhammad Assegaf (Bangil), Habib Ja’far Al-Qodri, Habib Ubaidillah Al-Kaff, Habib Ading, KH Husin Nafarin, KH Muhammad Qomaruddin (Guru Busu), KH Ahmad Sanusi Iberahim (Guru Jaro), KH. Muhammad Rasyid Ridho dan Guru Muhammad As’aduddin (Guru As’ad), serta para habaib dan alim ulama lainnya.

Kegiatan Haul Jama juga diisi, dengan tausiyah yang disampaikan Habib Quraisy Baharun. dilanjutkan dengan buka puasa bersama salat maghrib dan tarawih berjamaah.

Mewakili keluarga besar, Hasnuryadi Sulaiman mengatakan, kegiatan Haul Jama ini merupakan kebiasaan baik dari mendiang kedua orangtuanya.

“Haul Jama’ ini adalah untuk menghauli orangtua beliau berdua. Karena 1 Ramadhan adalah haul kakek kami, Haji Anang Dullah bin Haji Ibak. Kemudian 7 Ramadan haul dari kakek kami Haji Basirun bin Haji bin Haji Muhammad Nur. Begitu abah meninggal maka sekaligus kita lakukan haul jama Haul abah pada 27 Syaban. Walaupun sudah kita lakukan di makam abah, tapi kita lakukan juga di sini, karena ini rumah abah,” ujar Bang Hasnur, sapaan karibnya usai kegiatan haul jama’.

Di bulan Ramadhan ini, lanjutnya, juga menghaul Guru Zuhdiannor, sekaligus membacakan doa haul untuk beliau dan ulama-ulama lainnya agar mendapat tempat paling mulia di sisi Allah SWT dan Rasulullah SAW.

“Mudah-mudahan dihapuskan segala kesalahan dan dosanya, diterima semua amal ibadahnya dan insyaallah diberikan surga-Nya Allah SWT. Aamiin Allahumma Aamiin,” ucapnya.

Pada bagian lain, Bang Hasnur juga minta didoakan, selalu diberikan nasehat dan bimbingan untuknya sekeluarga, termasuk perusahaan Hasnur Group yang didirikan oleh kedua orangtuanya tercinta, serta yayasan Hasnur Center.

Putra keempat almarhum H Abdussamad Sulaiman dan almarhumah Hj Nurhayati ini juga meminta doa untuk PS Barito Putera, agar bisa memberikan prestasi terbaik untuk banua tercinta Kalimantan Selatan, bahkan bisa menjadi juara.(benk/iniberita).