Ratusan Buruh dan Driver Tronton, Gelar Aksi Damai ke KSOP Banjarmasin

oleh -511 Dilihat
Teks foto.Banyak armada tidak melakukan aktivitas pengangkutan.

lINIBARITA.id,BANJARMASIN- Ratusan buruh kapal tiung dan driver tronton di dermaga Martapura Baru, akan menggelar aksi damai di depan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin.

Sedangkan, aksi damai tersebut akan digelar. Selasa (14/3/23) mendatang.

Menurut Khairan Noor koordinator aksi damai, berdasarkan surat edaran Nomor UM.2020/01/02/ KSOP.BJM-2022 yang mengakibat kan ribuan buruh dan driver tronton tidak bekerja, akibat di stopnya kegiatan bongkar muat, dengan jangka waktu yang tidak ditentukan.

“Aksi kita ini untuk meminta kejelasan dari pihak KSOP dan PT Pelindo III Banjarmasin agar kami bisa kembali bekerja,” ujarnya, kepada media. Sabtu (11/3/2023).

Ditegaskannya, karena pihaknya sudah sepekan ini, tidak dapat melakukan kegiatan bongkar muat alias menganggur.

“Sehingga sudah sepekan ini kita nganggur tidak ada pemasukan,”tegasnya

Lebih jauh dijelaskan Khairan Noor, rencananya sekitar 500 orang buruh dan driver tronton akan mengikuti aksi damai tersebut.

Aksi damai nanti, dirinya berharap KSOP Kelas 1 Banjarmasin dan Pelindo memberikan solusi dan kebijakan yang membuat, para buruh dapat kembali bekerja seperti biasa.

Berdasarkan informasi surat edaran yang dikeluarkan KSOP Kelas I Banjarmasin tentang penertiban kapal-kapal berbendera Indonesia, belum terdaftar status hukum kapal pada Dirjen Perhubungan Laut yang beroperasi di wilayah kerja KSOP Kelas I Banjarmasin.

“Sehingga berdampak pada tidak diberikannya layanan pada sejumlah kapal yang terdaftar dalam di Dirjen Perhubungan Laut,”jelasnya(benk/iniberita).