Sebanyak 82 Pantarlih Sungai Andai Ikuti Bimtek Pemilu 2024

oleh -539 Dilihat
Teks foto.Para Pantarlih saat mendengarkan penjelasan dari PPS mengenai melaksanakan pemutakhiran data kepada warga nanti.

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Banjarmasin Utara, bekerjasama dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Sungai Andai, menggelar bimbingan teknis (bimtek), terhadap 82 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilu 2024, bertempat di Aula kantor Kelurahan Sungai Andai. Senin (13/2/23).

Dalam pelaksanaan bimtek sebanyak 82 Pantarlih Sungai Andai, Ketua PPK Banjarmasin Utara Ibrahim, Ketua PPS Mucthtar Luthfi bersama para anggota PPS Kelurahan Sungai Andai Amellia Irfadillah dan Siti Salbiah,  sebagai narasumber bimtek tersebut.

Ketua PPS Kelurahan Sungai Andai Mucthtar Luthfi menjelaskan, bimtek untuk Pantarlih Kelurahan Sungai Andai tersebut, pihaknya selenggarakan dua sesi yakni pagi dan siang.

Untuk jadwal dalam bimtek tersebut, bagi peserta pagi dari pukul 09.00 Wita sampai 12.00 Wita, sedangkan peserta sianga pukul 14.00 Wita hingga 17.00 Wita.

“ Para Pantarlih wajib mengikuti Bimtek tersebut, karena tugas sebagai Pantarlih bukan hal yang mudah, mengingat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat dan yang paling sensitive, kalau tidak memahaminya,”jelasnya, kepada media iniberita.id. Senin (13/2/23).

Lebih jauh anggota PPS Kelurahan Sungai Andai Siti Salbiah panggilanya Bia ini mengungkapkan, bimtek ini bertujuan agar semua Pantarlih memahami, apa yang akan dikerjakan dilapangan, paham mengenai regulasi yang dituangkan buku kerja yang dibagikan, hingga acara penyusun daftar pemilih.

Selanjutnya, Amellia Irfadillah juga anggota PPS Kelurahan Sungai Andai menambahkan, sebenarnya tugas Pantarlih itu, adalah melaksanakan coklit (pencocokan data dan penelitian) dengan baik

Untuk itu semua peserta Pantarlih Sungai Andai diberikan E-Coklit, sehingga Pantarlih akan memiliki akun, hal ini untuk menjadi penjelasan pada bimtek tersebut.

“Tugas pokok Pantarlih adalah agar mengetahui dan memahami cara kerja dalam melakukan pemutakhiran data pemilih pada Pemilu 2024,”ungkapnya.(benk/iniberita).