Sekolah Alam Al-Tamar Gelar Bazar Banjar Food Festival

oleh -1285 Dilihat
Teks foto. Bunda PAUD Kabupaten Balangan Desy Indriani saat berbelanja disalah satu stand pada kegiatan Banjar Food Festival di SD Alam Al-Tamar.

INIBERITA.id, BALANGAN- Sekolah Alam Al-Tamar Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan menggelar bazar Banjar Food Festival yang menyediakan berbagai macam produk olahan khas Banjar dilaksanakan di SD Alam Al-Tamar setempat.

“Pada bazar ini kita menyediakan produk olahan yang disediakan mulai dari makanan seperti nasi kuning, masak bom, bingka, bubur kacang, lumpia, es lahang, keripik, dan berbagai macam produk olahan lainnya,” kata Ketua Yayasan Al-Tamar Balangan Risalatun Nahdia Tamrin, Jumat (18/10/2024).

Menurut Nahdia kegiatan food festival ini merupakan puncak dari pembelajaran anak-anak sekolah Al-Tamar, dengan menggunakan pembelajaran project best warning yang diikuti semua kelas mulai dari KB, TK sampai tingkat SD.

Nahdia menuturkan para anak-anak juga diajarkan mandiri dan terlatih dari bahasa, matematika, budaya banjar, dilatih problem solving, kemandirian, gaya mereka berdiskusi, kepemimpinannya, semuanya terangkum di project ini.

Nahdia berharap melalui kegiatan ini, para l orang tua dan anak-anak diajak untuk lebih memperhatikan lingkungan salah satunya adalah menggunakan tutup botol yang jadinya sampah di kelas-kelas, kemudian dikumpulkan itu dijadikan koin penukaran dan disetiap stand juga digunakan daun pisang dan daun-daun yang lain.

Selain itu juga tidak menggunakan botol plastik agar anak-anak dan orang tua diimbau dari awal untuk menggunakan tumbler dulu dari rumah, jadi bisa mengisi minumannya disini untuk kepedulian lingkungan yang ditanamkan.

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Balangan Desy Indriani, mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Al-Tamar karena telah menyelenggarakan kegiatan yang luar biasa tersebut.

“Tentunya saya pribadi sangat excited dan tertarik dengan kegiatan ini, karena anak-anak tidak hanya belajar di alam tetapi juga disini diajarkan bertransaksi hingga berkarya,” ucap Desy.

Terakhir Desy berharap kegiatan Banjar Festival Food seperti ini dapat terus dilaksanakan di sekolah Alam Al-Tamar agar sekolah lain bisa termotivasi untuk melaksanakannya juga.(iwn/iniberita).