Sekretariat DPRD Balangan Kembangkan Inovasi JDIHN

oleh -488 Dilihat
Teks foto. Sekretariat DPRD Balangan saat berada di kantor Kemenkumhan Kalsel.

INIBERITA.id,BALANGAN- Upaya mengkolektif untuk membangun pusat pangkalan data (Database) hukum, Sekretariat DPRD Balangan kembangkan inovasi Jaringan Dokumen dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN).

Kepala Bagian (Kabag)Persidangan dan Perundangan-Undangan Sekretariat DPRD Balangan H Hasan Nor Arifin mengatakan, berkenaan dengan inovasi JDIHN tersebut, semua produk hukum dan aturan dari DPRD Kabupaten Balangan, bisa diupload dan diketahui publik.

“Karena sistem ini semua Kabupaten/Kota Se-Indonesia seperti itu, sehingga dapat mempermudah mengakses informasi berkenaan, dengan hukum dan Informasi Perda yang di buat,”kata Hasan. Kamis (30/3/23).

Menurutnya, keuntungan dari inovasi JDIHN tersebut, bisa mengakses dan mengetahui informasi hukum dan Perda di seluruh daerah di Indonesia, sehingga dapat menjadi pembanding dan pembelajaran.

Pihaknya berharap, dengan inovasi JDIHN ini bisa mendapatkan dukungan dari semua pihak, agar pengembangan tersebut bisa berjalan baik.

“Karena tugas dewan itu ada tiga penganggaran, legislasi dan pengawasan, dengan ada JDIHN ini mereka sebagai legislasi dalam membuat aturan itu lebih mudah,”tuturya.

Oleh sebab itu ujarnya, mereka bisa mendapat dukungan untuk fasilitas-fasilitas pengembangan dan penganggaran, agar dapat mempermudah dalam mengupload dan pengembangan JDIHN.(iwn/iniberita)