Seorang Bocah di Sungai Andai, Berhasil Gagalkan Aksi Pencurian

oleh -738 Dilihat
Teks foto. Pelaku saat diamankan Bhabinkamtibmas Polsek Banjarmasin Utara Aiptu Andri

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Bocah berusia 10 tahun warga Sungai Andai berhasil menggagalkan dugaan tindak pidana pencurian Handphone (HP) yang terjadi di Jalan Giok Raya, RT 46, atau disebut Kampung Bunga Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Minggu (18/12/2022).

Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungai Andai Aiptu Andri mengungkapkan, aksi heroik itu dilakukan Fajar Farulian Lubis dan kawan-kawannya yang berteriak kencang, saat ada orang yang ingin mengambil Hp di tangannya.

Dengan teriakan si anak tersebut, mengundang orangtua bocah 10 tahun, bereaksi dan mendatangi tidak jauh dari lokasi mendengar teriakan tersebut, dengan sigap menghampiri orang diduga pencuri atau maling dan langsung menghajarnya hingga terjatuh.

Dalam rekaman CCTV sianak begitu beraninya, menghalang-halangi pelaku yang mencoba ingin kabur, menggunakan sepeda motor matic.

“Awalnya saya dikasih tahu melalui telepon oleh ketua RT 46 Mugeni ada pencurian dan pelaku sudah ditangkap,” ujar Andri.

Mendapat laporan itu, Aiptu Andri bergegas ke lokasi dan langsung mengamankan pelaku ke Mapolsek Banjarmasin Utara, menggunakan mobil relawan emergency lantaran sebelumnya pelaku sudah babak belur karena diamuk massa.

” Untuk menghindari hal yang lebih, maka pelaku secepatanya kami bawa Mapolsek Banjarmasin Utara,”ujarnya.

Lebih Aiptu Andri menjelaskan, esampainya di Mapolsek Banjarmasin Utara, pelaku bernama Sopandi (27), warga Indramayu Jawa Barat bertempat tinggal, di Jalan Sultan Adam Banjarmasin dan pelaku berprofesi sebagai penjual pentol bakar keliling.

“Pelaku mengakui mengambil Hp lantaran sedang terbelit hutang dengan temannya sebesar Rp 2 juta yang jatuh tempo pada hari ini,”jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Banjarmasin Utara Kompol Agus Sugianto melalui Kanit Reskrim Ipda Sudirno saat dikonfirmasi membenarkan, pihaknyaa ada pelaku melakulan tindak pidana pencurian yang terjadi di Kelurahan Sungai Andai.

“Benar, saat ini pelaku diamankan dan sekarang masih dilakukan proses pemeriksaan,”ungkapnya.(ridho/iniberita)