Sholawatan dan Tausiyah Bersama Guru Ahmad Sufian Al Banjar di Alam Roh 88 Kiram Kabupaten Banjar

oleh -1437 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id, BANJAR – Suasana penuh keberkahan kembali menyelimuti Bumi Shalawat Alam Roh 88 Desa Kiram, Kabupaten Banjar pada jumat (10/18/2024) malam. Kali ini, Sholawatan dan Tausiah yang rutin digelar oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin, setiap bulan purnama ini menghadirkan TGH Ahmad Sufian Al Banjari atau Guru Sufian sebagai penceramah.

Para santri, Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov Kalsel dan warga sekitar kawasan Kiram antusias mengikuti kegiatan ini, berharap mendapatkan ilmu serta keberkahan. Usai Sholat Isya berjamaah, acara dilanjutkan dengan pembacaan Syair Maulid oleh grub Maulid Irsyadul Fatah, Tatah Pamangkih Laut, Kabupaten Banjar, dilanjutkan dengan lantunan ayat suci Al-Quran yg dbacakan oleh Qori M. Yusuf.

Gubernur Kalsel melalui Plt. Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi , dr. Diauddin, menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua yang telah berpartisipasi dalam acara ini, semoga setiap langkah yang kita ambil untuk acara ini bernilai ibadah di sisi Allah SWT,” ujar dr. Diauddin.

Lebih lanjut, dr. Diauddin mengutip hadits Rasulullah SAW, ia menekankan bahwa setiap amal perbuatan tergantung pada niat.

“Sesungguhnya amal perbuatan tergantung niatnya, dan sesungguhnya orang itu tergantung dari apa yang diniatkannya itu,” ujar dr. Diauddin sembari mengajak seluruh jamaah untuk selalu meluruskan niat dalam setiap langkah kehidupan, baik dalam bekerja, beribadah, maupun berinteraksi dengan sesama.

Sementara itu, dalam tausiahnya, TGH. Ahmad Sufian Al-Banjari mengingatkan para jamaah akan bahaya kebodohan. Beliau mengutip hadits Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa kebodohan adalah salah satu sifat yang sangat dibenci oleh Nabi Muhammad.

Lebih lanjut, TGH. Ahmad Sufian menjelaskan, berdasarkan kitab al-Hikam karya Ali bin Abi Thalib, orang bodoh memiliki enam ciri khas, di antaranya yaitu mudah marah tanpa sebab, berbicara tanpa makna, selain itu orang bodoh juga cenderung memberikan sesuatu yang tidak sesuai tempatnya, tidak dapat membedakan teman dan lawan, serta mudah percaya kepada siapa saja meski sudah berkali-kali ditipu.

“Ciri-ciri ini seringkali kita temui dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu, kita perlu waspada dan berusaha untuk memperbaiki diri agar terhindar dari sifat-sifat tersebut.” ujar Guru Sufian dalam tausiahnya.

Menutup tausiahnya, Guru Sufian menegaskan betapa pentingnya bagi umat Muslim untuk menghindari sifat-sifat ini, Menurutnya, kebodohan bukan hanya soal kurangnya ilmu, tetapi juga soal akhlak dan perilaku yang mencerminkan kurangnya kebijaksanaan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sungguh, Rasulullah sangat tidak menyukai kebodohan, karena hal ini bisa menjerumuskan seseorang pada perbuatan yang sia-sia dan merugikan diri sendiri maupun orang lain,” pungkasnya.

Acara kemudian ditutup dengan pembacaan tahlil dan doa yang dipimpin oleh Guru Sufian. Tampak hadir pada acara tersebut yaitu para habaib, para ulama, tokoh masyarakat, Komisaris Bank Kalsel, Asisten Gubernur serta sejumlah Kepala SKPD di Lingkungan Provinsi Kalsel. (adpim/iniberita).