Tahun 2023, Disporas Kalsel Siapkan Lima Program Nasional

oleh -603 Dilihat
Teks foto.Kadispora Kalsel, Hermansyah di dampingi Kanid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel Budiono.

INIBERITA.id, BANJARMASIN – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Bidang Pembudayaan Olahraga, siapkan lima program atau event olahraga bertarap nasional di Kalsel 2023 mendatang.

Hal itu diungkapkan Kadispora Kalsel diwakili Kabid Pembuyaan Olahraga Dispora Kalsel Budiono menyikapi, program olahraga berskala nasional yang telah dipersiapkan tahun depan.

Menurut Budiono, adapun, program atau agenda olaharaga nasional yang digelar di Kalsel tahun depan adalah, persiapan menuju FORNAS di Jabar  dengan terlebih dahulu menggelar seleksi daerah melalui FORDA guna menjaring penggiat FORMI dari setiap Induk Olahraga (Inorga).

Adapun event kedua adalah, kembali melanjutkan gelaran Futsal Nasional yang sudah menjadi agenda tahunan di Dispora Kalsel  guna memantapkan pembinaan serta memasyarakatkan olahraga di Banua tercinta ini.

Sedangkan event ketiga adalah, menggelar babak Prakualifikasi PON untuk cabang olahraga Karateka dimana Kalsel terpilih menjadi tuan rumah di tahun depan.

“Hanya saja untuk hal ini kita masih menunggu keputusan dari PB FORKI, namun sebelumnya kita sudah dinobatkan menjadi salah satu kandidat tuan rumah untuk Pra PON Cabang Olahraga Karateka,”ujarnya.

Dijelaskannya, sementara untuk event besar ketiga adalah, pemecahan rekor muri pencak silat, hal ini tak terlepas dari keinginan melanjutkan prestasi karateka, sebelumnya juga sempat memecahkan rekor muri untuk latihan bersama dengan peserta terbesar nasional.

“Untuk hal ini sebenarnya sudah direncanakan dari beberapa tahun lalu, namun baru tahun depan memungkinkan kita gelar karena sebelumnya sempat terkendala akibat merebaknya penyebaran COVID-19 di Kalsel, sehingga harus dimundur,” jelasnya.

Budiono mengatakan, sedangkan event besar di 2023 yang akan turut dilaksanakan adalah, Kalsel kembali ditunjuk menjadi tuan rumah Pomnas setelah BAPOMI pusat setuju menunjuk Kalsel, sebagai tuan rumah multi event olahraga antar mahasiswa tersebut.

“Sebelumnya Kalsel memang sudah pernah menjadi tuan rumah Pomnas, namun tahun depan kita kembali ditunjuk dan kita menyanggupi hal itu dengan fasiltas yang meang sudah ada disiapkan oleh Pemprov Kalsel,” katanya.

Diungkapkannya, untuk menggelar beberapa event olahraga tingkat nasional tersebut, menurutnya Kalsel sudah  menyatakan kesanggupannya, tinggal pelaksanaan serta persiapan.

“Belajar dari gelaran olahraga berskala nasional yang dilaksanakan tahun ini di Kalsel, kita rasa mampu menggelar kegiatan serupa tahun depan,”ungkapnya.(yan/iniberita)