Terkait APBD 2021, Bupati Berikan Tanggapan Atas Pandangan Fraksi DPRD Balangan

oleh -311 Dilihat
Foto. M Rusdin Barhiwan mewakili fraksi DPRD Balangan saat menyampaikan pandangan terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD tahu 2021 kepada Pemkab Balangan di Paringin

INIBERITA.id, BALANGAN- DPRD Balangan melaksanakan rapat paripurna, dengan agenda memberikan kesempatan, kepada Bupati Abdul Hadi untuk menanggapi atas pandangan umum fraksi DPRD Balangan, tentang Raperda Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021.

Menurut anggota DPRD Balangan Muhammad Rusdin Barhiwan, mewakili fraksi DPRD Balangan menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Balangan, perlu adanya peningkatan sumber daya alam, terutama pada aspek kearifan lokal.

“Hal ini merupakan terobosan baru, dalam mencari sumber-sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang masih memungkinkan untuk dilakukan peningkatan SDA terutama pada aspek kearifan lokal ini,”ungkap Rusdin, saat membacakan pandangan umum fraksi-fraksi, dalam rapat paripurna di DPRD Balangan, Kamis (14/7/22).

Selanjutnya. Ditegaskan Rusdin, dalam pandangan umum tersebut, ada beberapa hal yang menjadi catatan dari fraksi-fraksi, berkenaan dengan pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021 tersebut.

“Terutama penyusunan rencana anggaran belanja untuk penganggaran ke depan bisa lebih optimal, sehingga apa yang menjadi program prioritas pemerintah sekarang ini, bisa benar-benar terlaksana sebagaimana yang diharapkan,”tegasnya.

Sementara itu, Bupati Balangan Abdul Hadi, usai rapat paripurna mengungkapkan, minimnya penyerapan anggaran, karena disebabkan oleh beberapa faktor.

“Di antaranya pada Desember lalu kita dihadapkan bencana banjir, sehingga banyak pihak ketiga yang ingin mengerjakan proyek, perlu bahan-bahan tetapi terkendala karena kondisi alam,” ungkap Abdul Hadi.

Namun, Bupati Balangan Abdul Hadi berjanji ujarnya, ke depan pihaknya bersama sekretaris daerah (Sekda) akan melakukan asesmen, sehingga serapan anggaran benar-benar menjadi fokus, selanjutnya para pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Balangan akan dilakukan di evaluasi kinerjanya.(wan/iniberita)