Wakil Rakyat DPRD Banjarmasin Periode 2024-2029, Diminta Jalankan Fungsi Pengawasan

oleh -1376 Dilihat
Teks foto, Unsur pimpinan DPRD Sementara dan anggota turun kejalan menerima aksi mahasiswa.

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Baru sehari dilantik, wakil rakyat di DPRD Kota Banjarmasin periode 2024-2029, sudah di datangi puluhan mahasiswa, dalam mengeluarkan pendapatnya dan orasi, di depan Kantor DPRD Kota Banjarmasin. Selasa (10/9/20224).

Dalam orasinya, dari Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) secara begiliran, agar para wakil rakyat yang baru saja di lantikan, diminta lebih serius, dalam menjalankan fungsi pengawasan, dari pada dalam kegiatan kunjungan kerja (kunker) keluar daerah.

Selain itu, mereka meminta para pimpinan dewan sementara dan anggota DPRD Kota Banjarmasin, menandatangani fakta integritas yang mahasiswa ajukan tersebut, namun semua pimpinan dan anggota sepakat untuk  penanadatanganan fakta integritas tersebut.

Koordinator lapangan aksi (Koorlap) Arief Rahim mengatakan, garis besar tuntutan yang mereka bawa, mengajak wakil rakyat di DPRD Kota Banjarmasin yang baru dilantik, dapat bekerja sama dalam merawat Kota Seribu Sungai.

Misalnya dalam pengentasan banjir, penanganan sampah, pembangunan infrastruktur, pendidikan, penganggaran dan hal yang terpenting adalah jalankan fungsi pengawasan legislator, jangan diam manis ketika pemerintah kota melakukan penyimpangan.

Salah satunya tidak maksimalnya, adalah penanganan persoalan sampah, mereka menilai penerapan Peraturan Daerah (Perda) dan pengelolaan sampah selama ini tidak efektif.

“Bertahun-tahun diterapkan, tidak ada dampak apa pun dalam perubahan Banjarmasin, bahkan masih banyak sampah berserakan disudut kota ini,”tegas Ketua HMI Cabang Banjarmasin.

Ketua DPRD Kota Banjarmasin Sementara Rudi Heriyadi bersama mantan Ketua DPRD H Harry Wijaya dan beberapa anggota lainnya langsung menghadapi aksi mahasiswa tersebut.

“Sehari pasca dilantik, kami bersyukur didatangi adik-adik mahasiswa. Terima kasih,”ungkap Rudi Heriyadi.

DPRD Kota Banjarmasin siap berkomitmen. Dengan pembuktikaan menanda tangani fakta integritas yang disodorkan mahasiswa.

“kendati hari ini ada beberapa anggota dewan yang berhalangan hadir, kami siap berkomitmen dan meminta anggota yang lain untuk tanda tangan,” ujar Rudi janjinya.

Di akhiri, mahasiswa mengajak para anggota DPRD Banjarmasin yang hadir untuk makan nasi bungkus bersama, mengemper di jalanan tersebut, pengingatkan para anggota dewan terhormat bisa sadar, bahwa mereka yang duduk sebagai legislatif itu, bagian dari rakyat biasa, karena mereka berasal dari rakyat.(benk/iniberita).