DPRD Ingatkan Warga Teliti Beli Hewan Kurban

oleh -598 Dilihat
Teks foto. Ketua Komisi II DPRD Balangan Nur Fariani.

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Ketua Komisi II DPRD Balangan Nur Fariani mengingatkan untuk warga agar lebih teliti dalam membeli hewan kurban saat perayaan hari raya Iduladha 2023 nanti karena adanya informasi terkait penyakit Lumpy Skin Desease (LSD) pada hewan ternak.

Nur Fariani mengungkapkan, pihaknya belum begitu mengetahui lebih jauh tentang penyakit LSD ini dan nantinya yang jelas akan dipelajarinya lebih jauh.

Nur Fariani juga mengimbau masyarakat dalam melakukan transaksi pembelian hewan kurban menjelang Iduladha harus teliti dan memperhatikan kondisi serta kesehatan hewan kurban.

Dia menambahkan bagi masyarakat yang tidak mengetahui tentang kesehatan hewan kurban yang layak untuk dipotong pada hari raya Iduladha, sebaiknya berkonsultasi kepada dinas terkait yang lebih mengetahui dan sebagai ahlinya.

“Nur Fariani berharap penyakit LSD tidak ditemukan di Balangan, sehingga peternakan tidak dirugikan dan masyarakat tidak dibuat cemas,” ungkapnya.Selasa(20/6/23).

Sementara itu, Kepala UPTD Puskeswan dan Perbibitan Kabupaten Balangan Ahmad Rizali, mengatakan untuk memastikan hewan yang dijadikan kurban pada hari raya Iduladha nanti dalam keadaan sehat pihaknya langsung turun melakukan pemeriksaan kesehatan.

Baca Juga :   Plt Kadisporapar Balangan Lepas SSB Mantimin Wakili Kalsel ke Jakarta

Menurut Rizali, pemeriksaan hewan ternak ini dilakukan dengan mendatangi ke tempat-tempat penggemukan hewan dan juga ke panitia penyembelihan hewan kurban.

“Dari pemeriksaan kesehatan, untuk di Kabupaten Balangan alhamdulillah tidak ada ditemukan penyakit pada hewan,” ujar Rizali.(iwn/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.