Yamin-Ananda Siap Kembalikan Kejayaan Ekspor Rotan Banjarmasin

oleh -1353 Dilihat
Teks foto. calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin nomor urut 02 H Muhammad Yamin HR.

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin nomor urut 02, H Muhammad Yamin HR dan Hj Ananda, mengunjungi pabrik rotan PT Duta Barito Sentosa Jumat (18/10/2024).

Kedatangan mereka itu dalam rangka untuk meninjau salah satu pabrik rotan yang masih aktif di Banjarmasin serta melihat potensi rotan sebagai komoditas unggulan yang ramah lingkungan dan bermanfaat bagi perekonomian daerah.

Muhammad Yamin HR mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung pengembangan ekspor produk rotan, menurutnya rotan memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, melalui penciptaan lapangan kerja dan penambahan pendapatan daerah, hal ini komitmen pasangan Yamin- Ananda, sebagai langka nyata dalam menggerakan ekonomi kerakyatan di Banjarmasin.

“Kami mendukung peningkatan ekspor produk rotan karena ini bisa menjadi motor penggerak ekonomi yang berkelanjutan. Dengan dukungan yang tepat, Banjarmasin bisa menjadi salah satu pusat industri rotan yang mendunia,”kata HM Yamin HR.

Sementara itu, Hj Ananda calon Wakil Wali Kota nomor urut 02 ini mengungkapkan, bahwa dirinya memiliki keterkaitan emosional dan sejarah dengan industri rotan.

Baca Juga :   Reses Wakil Rakyat DPRD Banjarmasin Gelontorkan Dana Rp 1,5 Miliar

“Ayah saya dulu seorang eksportir Lampit Rotan, yang kemudian diolah menjadi tikar dan produk lainnya. Jadi, kami datang ke sini untuk bersilaturahmi, karena saya ingin mendengarkan langsung tantangan yang dihadapi perusahaan ini,” ungkap Ananda.

Ditegaskannya, bahwa saat ini hanya sedikit perusahaan rotan yang masih bertahan di Banjarmasin, salah satunya  PT Duta Barito Sentosa tersebut, Kalsel sebelumnya khususnya Kota Banjarmasin terkenla sebagai penghasil rotan dan lampit, sekarang sudah berkurang dan pasangan o2 berharap masa  kejayaan rotan bisa kembali.

Saat ini, pasar PT Duta Barito Sentosa hanya terbatas di dalam negeri. Ananda berharap dengan dukungan dari pemerintah, ekspor produk rotan Banjarmasin dapat kembali meningkat.

“Semoga kami diberikan amanah oleh masyarakat sehingg kita dapat kembali meningkatkan industri produk rotan dan menguatkan ekspor guna meningkatkan ekonomi kerakyatan di Banjarmasin,”tegasnya.

Direktur PT Duta Barito Sentosa Amal Ihsan, menyambut baik kunjungan pasangan calon 02 tersebut. Ia mengapresiasi dukungan Yamin-Ananda yang sangat memahami industri rotan, terutama Hj. Ananda yang berasal dari keluarga pengusaha rotan.

Baca Juga :   Proyek Interior Lantai 3 Pimpinan Rp 400 Juta, Keterangan Sekwan Dengan Kasubbag Tidak Kompak

“Mereka sangat mengerti dan mendukung soal perlunya ekspor produk rotan. Apalagi ibu Ananda memahami seluk-beluk industri ini, dan l Rotan ini adalah sumber daya yang bisa diperbarui. Ia ditanam, dan akan tumbuh kembali,”ungkapnya.(ril/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.