IGORNAS Kalsel Gelar FOP 2022

oleh -167 Dilihat
Teks foto. Festival Olahraga Pendidikan (FOP) Kalsel resmi dibuka oleh Dispora Kalsel dengan diwakili Kabid Pembudayaan Olahraga Budiono.

INIBERITA.id, BANJARMASIN – Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Festival Olahraga Pendidikan (FOP) tahun 2022, dibuka secara resmi bertempat, dilapangan SKB Mulawarman, Sabtu (19/11/2022).

Ketua Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Kalsel Selfiria Effndi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya mensukseskan sekaligus, mengimplementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang dipelopori, dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dalam meningkatkan prestasi atlet pelajar.

Selanjutnya, untuk cabang olahraga wajib dipertandingkan adalah, pencak silat dan satu cabor yang sesuai pilihan masing-masing provinsi, nantinya dipilih atletik lebih mudah dan memasyarakat.

” Festival ini diikuti para atlet putera puteri 7 kab/kota di Kalsel dengan cabor pencak silat yang dipertandingkan adalah nomor seni yang diikuti siswa tingkat SD hingga SMA. Sedangkan atletik dibagi per jarak yaitu untuk tingkat SD 60 meter, SMP 80 meter dan SMA 100 meter,” katanya.

Dirinya mengungkapkan, kegiatan festival yang diikuti ini untuk akomodasi masih ditanggung masing-masing daerah.

Ia pun berharap, di tahun depan kegiatan untuk seleksi dan akomodasi tiap kab/kota sudah mendapat anggaran dari pusat, mengingat kewenangan ada pada Kemenpora RI.

Baca Juga :   Festival Gerbang Nusantara Dibuka dengan Permainan Tradisional Balogo di Banjarbaru

“Harapan kita di tahun depan sudah dapat anggaran agar cabor yang dipertandingkan juga bertambah dan FOP ini lebih meriah di Kalsel,” ungkapnya.

Dirinya mengapreasiasi ujarnya, atas dukungan Dina Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

“Mulai dari surat menyurat ke kab/kota hingga pada penyediaan sarana dan prasarananya semua dari Dispora Kalsel,”ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel Budiono mengatakan, salah satu bentuk dukungam Dispora ialah menyediakan sarana pelaksanaan kegiatan festival di SKB Mulawarman.

Dirinya pun akan berkolaborasi dan bersinergi dengan Igornas Kalsel dan pihak terkait lainnya agar olahraga pendidikan di Kalsel dapat lebih maju.

“Kita harap kegiatan ini terus berlanjut dan dapat dikembangkan dengan cabor yang lebih banyak,”katanya. (yan/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.