Buat Warga Balangan, Dinkes Siapkan 85 Dosis Vaksin Booster ke-2 Jenis Zivivax

oleh -480 Dilihat
Teks foto. Petugas kesehatan saat melakukan vaksinasi kepada salah satu warga di Puskesmas Paringin, Kabupaten Balangan Kalsel.

INIBERITA.id, BALANGAN- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Balangan, menyiapkan sebanyak 85 dosis vaksin booster kedua, jenis Zivivax untuk warga masyarakat Bumi Sanggam, disalurkan melalui sejumlah puskesmas.

“Dari 85 dosis tersebut, sudah terpakai sebanyak dua dosis, di Puskesmas Paringin dan sisanya di Puskesmas Juai 23 dosis dan 60 dosis di Dinas Kesehatan,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Balangan Bejo Priyogo, di Paringin Senin (30/1/23).

Diungkapkan Bejo, pihaknya sendiri sudah mulai bergerak menyalurkan vaksin tersebut, melalui puskesmas-puskesmas serta pengumuman, melalui pihak-pihak desa masing-masing.

Disebutkan dia, pihaknya tidak bisa memaksa warga yang tidak mau divaksin, tetapi harus kesadaran diri, dari warga tersebut, karena pemerintah Balangan sudah memfasilitasinya.

Sebelumnya, penyaluran vaksin di Kabupaten Balangan, pada tahun 2020 dan 2021 tidak pernah expired atau habis masa pakainya, karena selalu habis didistribusikan ke masyarakat.

“Bervaksin itu tujuannya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh, supaya punya kekebalan tubuh, ketika suatu saat terpapar Covid, kalaupun terpapar mudah-mudahan hanya gejala ringan saja,”ungkapnya.

Penyaluran vaksin kedua tersebut ujar Kadinkes, berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/C/380/2023 tentang vaksinasi COVID-19 dosis booster ke-2 yang di keluarkan, oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Diketahui, sampai saat ini di Kabupaten Balangan sendiri aman, tidak ada warga masyarakat yang terpapar penyakit Covid-19 atau nol kasus, dalam beberapa lalu melanda Indonesia bahkan dunia.(wan/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.