DPRD Banjar Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPj Bupati Banjar Tahun 2022

oleh -419 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id,MARTAPURA- DPRD bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, menggelar rapat paripurna, dengan agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawab (LKPj) Bupati Tahun 2022. Rabu (5/4/23), di Gedung DPRD setempat.

Dalam rapat paripurna itu, langsung dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Banjar HM Rofiqi, didampingi Wakil ketua III HA Zacky Hafizi dan turun hadir Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie dan juga Forkopinda, Plh Sekda Ikhwansyah serta beberapa Kepala SKPD serta pimpinan Perusda, LSM.

Wakil Bupati Habib Idrus Al-Habsyie, dalam sambutannya menyampaikan, penyelenggaraan pemerintahaan dan pembangunan Kabupaten Banjar Tahun 2022, mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026.

Sesuai dengan kerangka acuan tersebut, telah dimuat Visi Kabupaten Banjar yaitu, “Terwujudnya Kabupaten Banjar yang Maju, Mandiri dan Agamis”

Dan ditetapkan 5 misi antara lain, peningkatan kualitas hidup dan SDM, peningkatan ekonomi yang berkualitas, berbasis kerakyatan dan pemerataan pembangunan daerah yang berkeadilan, pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan, penyelenggaraan pemerintahan amanah, baik, bersih dan efektif serta penguatan karakter masyarakat yang religius berakhlak baik, berkepribadian luhur, menciptakan kehidupan masyarakat yang tertib, aman juga demokratis.

Baca Juga :   Melalui Reses, Anggota DPRD Hari Kartono Komitmen Kawal Aspirasi Warga

Berdasarkan analisis SWOT, penyelenggaraan pemerintahan dalam rangkaian pelaksanaan RPJMD Tahun 2021-2026, diprioritaskan untuk pemantapan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi serta penguatan kehidupan sosial masyarakat.

Penyajian LKPj ini lanjutnya, disampaikan melalui penjabaran progres penyelenggaraan 6 urusan pemerintahan wajib pelayanan dasar, 18 urusan pemerintahan bukan wajib pelayanan dasar, 6 urusan pilihan, 5 urusan pemerintahan fungsi penunjang dan 1 urusan pemerintahan umum disertai dengan indikator ditiap urusan sebagai keberhasilan pelaksanaan tugas-tugas pokok dan fungsi pemerintah daerah.

“Hal-hal pokok dalam penyelenggaraan program kegiatan Tahun 2022 mengacu pada program prioritas daerah diantaranya dibidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan pelayanan publik,” ungkap Wabup Banjar.

Dalam paripurna tersebut, Habib Idrus juga mengungkapkan, Bupati Banjar terhadap Raperda tentang Pajak dan Retribusi Daerah. Agenda lainnya pada rapat paripurna tersebut, juga membahas tentang penyampaian laporan pokok-pokok pikiran, laporan Pansus Pesantren dan Keagamaan Islam.

Permintaan persetujuan aspirasi LSM untuk pembentukan Pansus PT Baramarta dan Pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap Raperda tentang pajak dan retribusi daerah.(rilbanjar/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.