Prasarana Objek Wisata Kuin Kacil Mulai Rusak Akibat Tak Terawat

oleh -597 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id, BANJARMASIN– Prasarana objek wisata Kuin Kacil di RT 14 Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan yang didambakan warganya, sekarang mulai rusak akibat tak terawat.

Padahal, tempat wisata itu salah satu lokasi destinasi yang resmikan Walikota H Ibnu Sina, pada (27/9/21) silam, bahkan para pengurus Pokdawisnya sudah melakukan studi banding keluar daerah dan saat itu ramai dikunjungi masyarakat.

Kemudian untuk menarik kunjungan itu, lokasi wisata dihiasi dengan lampu kerlap- kerlip, dengan pemandangan hijau khas perdesaan

Namun sayangnya, suasana itu nampak berbeda dan sepi pengunjung oleh adanya kerusakan di fasilitas di objek wisata tersebut, seperti titiannya ada yang patah, bagian atap gazebo terbuat dari mulai hancur dan lampu kerlap-kerlip tak berfungsi lagi.

Perlu diketahui juga, dengan adanya kunjungan wisatawan seharinya bisa ratusan dan itu cukup membantu perekonomian warga.

“Seiring adanya kerusakan tingkat kunjungan wisatawan terus berkurang hingga 75 persen. Kawasan wisata kuin kacil ini mengalami kerusakan sudah 4 bulanan,” ujar Ketua RT 14 Ipansyah kepada media. Senin (8/5/23).

Baca Juga :   Reses Perdana, Anggota Dewan Taufik Jemput Aspirasi Warga Tiga Kelurahan

Perlu ditegaskan ujar Ipan panggilnya, kerusakan fasilitas wisata Kuin Kacil itu, bukannya tak terawat, namun dampak dari sepinya kunjungan, sehingga pemasukan untuk dana pemeliharaan tidak ada.

Dan kerusakan itu, karena cuaca angin kenjang dan banjir beberapa waktu lalu, ditambahkan bangunan mulai rapuh dimakan usia

Memang awal kerusakan masih bisa diperbaiki, melalui dana pribadi dan swadaya, namun kelamaan pihaknya tak sanggup lagi.

“Dinas terkait sudah ada memantau untuk upaya atau rencana perbaikan, namun untuk realisasinya belum dipastikan, kami
berharapan segera ada bantuan untuk perbaikan dari pihak terkait,”tegasnya(silvi/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.