Anggota Kodim 1001/HSU-BLG Ikuti Pelatihan Penanaman Bibit

oleh -889 Dilihat
Teks foto. Sejumlah personel Kodim ikuti pelatihan menanam bibit.

INIBERITA.id, BALANGAN – Sejumlah personel Kodim 1001/HSU-Balangan dengan serius mengikuti pelatihan menanam bibit oleh Balai Penyuluhan Pertanian Banjang, Kamis (25/1/2024).

Anggota Kodim 1001/HSU-Balangan mengikuti pelatihan penanaman bibit untuk melaksanakan penghijauan oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Banjang, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan.

Dandim 1001/HSU-Balangan Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja melalui Batiter Serka Chairul Anam mengatakan, kegiatan ini dalam rangka melatih anggota untuk belajar menanam pohon dalam mendukung program TNI-AD untuk penghijauan.

“Pada kegiatan ini kita bekerja sama dengan BPP Banjang dalam melatih para anggota, untuk belajar menanam pohon dalam rangka penghijauan pada program bidang teritorial,” kata Chairul di Balangan, Jumat (26/1/2024).

Menurut Chairul, program ini juga bertujuan untuk membantu meningkatkan program pemerintah daerah untuk pencapaian pemenuhan hak atas pangan, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan lokal, serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat guna kepentingan pertahanan negara.

Dandim menuturkan, dengan pelatihan ini harapannya tidak hanya sekali namun bisa berlanjut serta Babinsa bisa menguasai teknik-teknik penanaman dan bisa mengembangkan di desa binaannya sekaligus nanti akan jadikan bekal bagi Babinsa untuk masa pensiun bisa mendapatkan penghasilan.

Baca Juga :   Pemkab Balangan Terus Kembangan Pariwisata Alam

Kegiatan diawali dengan pemberian materi yaitu bagaimana memahami proses perkembangbiakan tanaman dengan cara stek batang dan memahami cara untuk mempercepat proses memperbanyak tanaman secara vegetatif (tanpa perkawinan) dan dilanjutkan praktik di lapangan.

Sementara itu Koordinator BPP Banjang Ahmad Dasuki, sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada jajaran Kodim 1001 HSU-Balangan yang sudah mengikuti pelatihan penanaman bibit tanaman dengan bersungguh-sungguh.

“Terima kasih kepada para personel yang dengan serius untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini, semoga ilmu ini dapat bermanfaat hingga para personel pensiun,” tutur Ahmad.

Selain itu Ahmad berharap, dengan adanya pelatihan ini para Babinsa atau yang lainnya dapat mengambil hikmah dan bisa belajar, hitung-hitung nantinya bisa menghasilkan pendapatan keluarga dari menanam ini.(iwn/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.