Aplikasi SITiNA Dukung Peningkatan Profesionalitas ASN Balangan

oleh -907 Dilihat
Teks foto. Bimtek Aplikasi SITiNA milik BKPSDM Kab. Balangan.

INIBERITA.id, BALANGAN- Aparatur Sipil Negara (ASN) yang professional, dapat dinilai dan diukur didasarkan pada dimensi kualifikasi, kompetensi, kinerja dan disiplin.

Namun sekarang masih rendahnya nilai kompetensi, hal ini sangat berpengaruh pada profesionalitas ASN, dikarenakan pemenuhan hak dan kesempatan untuk mengikuti Pengembangan Kompetensi paling sedikit, sekitar 20 JP dalam satu tahun yang belum dapat terpenuhi.

Salah satu penyebabnya pemenuhan pengembangan kompetensi yang belum tepat sasaran, yaitu proses penyusunan analisis kebutuhan diklat yang belum tidak efektif dan efisien.

Untuk memperoleh hasil Analisis Kebutuhan Diklat yang efektif dan efisien, diperlukan instrument yang tepat, sehingga hasil dari Analisis Kebutuhan Diklat tersebut, dapat dijadikan acuan dalam pengembangan kompetensi ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Balangan.

JF Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Kholik Mawardi mengatakan, bahwa penggunaan teknologi informasi sangat membantu dalam penyusunan analisis kebutuhan diklat, sehingga dibuat dan dibangun aplikasi SITiNA (Sistem Informasi Training Need Analysis/ Analisis Kebutuhan Diklat), sehingga proses analisis data kesenjangan kompetensi, dapat dilakukan lebih cepat dan mudah untuk menghasilkan analisis kebutuhan diklat.

Baca Juga :   Pasar Murah Disperindag Balangan di Desa Gulinggang Laris Manis Diserbu Warga

“Aplikasi SITiNA (Sistem Informasi Training Need Analysis / Analisis Kebutuhan Diklat) sehingga proses analisis data kesenjangan kompetensi dapat dilakukan lebih cepat dan mudah untuk menghasilkan analisis kebutuhan diklat,”ujarnya. Sabtu (20/4/2024).

Agar manfaat yang diperoleh, dengan penggunakan SITiNA, adalah proses analisis data kesenjangan kompetensi untuk memperolah hasil analisis kebutuhan diklat, menjadi lebih mudah dan cepat dilakukan, sehingga hasil analisis kebutuhan diklat, dapat dijadikan acuan dalam pengembangan kompetensi ASN, dilingkungan Pemerintah Kabupaten Balangan.

Selain itu, Kepala BKPSDM Balangan Sufriannor juga mengharapkan ujarnya, dengan adanya aplikasi SITiNA ini, dapat meningkatkan nilai indeks profesionalitas ASN Pemerintah Kabupaten Balangan.

“Adanya aplikasi SITiNA ini diharapkan dapat mendukung peningkatan indeks profesionalitas ASN Pemerintah Kab. Balangan yang dulunya masih dengan kategori Rendah, menjadi Sedang atau bahkan Tinggi,”ungkapnya.(iwn/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.