Bersama Warga Alalak, Sembilan Bersaudara Gelar Haul Mendiang Orang Tuanya

oleh -41 Dilihat
Foto.Istimewa

INIBERITA.id, BANJARMASIN- Bersama warga Alalak Berangas, sembilan bersaudara yang merupakan anak, dari alm Abdurrahman bin Tabri keturunan Datu Khayan, menggelar haul mendiang orang tuanya yang ke-20, ditempat makam Datunya sendiri, yaitu Kubah Makam Datu Khayan yang bernama Syekh Abdurrahman Sidiq bin Khusin Assegaf, di Desa Berangas Timur Kecamatan Alalak.

Menurut salah seorang anak tertua Alm Abdurrahman Tabri Hj Dahliani, memang haulan yang ke-20 untuk orang tuanya, alm Abdurrahman Tabri tahun ini, agak istimewa pelaksanaannya, yaitu di lokasi Kubah Makam Datu Khayan Alalak Berangas bersama warga setempat dan ini niat keluarga besarnya dari sembulan bersaudara.

“Alhamdullah Allah kabulkan niat yang mulia tersebut, yaitu pelaksanaan haul orang tua kami di kubah makam Datu Khayan yang merupakan datu kami juga,” ungkap mantan legislative di DPRD Pangkalanbun Kalteng ini. Sabtu (10/7/22).

Selanjutnya, Dahlia panggilannya mengatakan, haulan ini dilaksanakan salah satu bukti bakti anak-anaknya sekeluarga, kepada mendiang orang tuanya untuk mendoakan, mudah-mudahan orang tuanya yang dimakamkan, dekat dengan makam Datu Khayan mendapat kelapangan dialam sana dan mendapatkan tempat sebaik-baik disisi Allah SWT.

Disamping itu juga pihaknya dari sembilan saudara ini, diberikan kesehatan dan dipanjang umur dan dimurahi rejeki, sehingga haul yang ke21 nanti bisa dilaksanakan kembali.

“Kami berharap meminta kepada Allah mudah-mudah terutama yang ada dilingkungan makam Datu, khususnya kepada orang tuanya mendapat kelapangan disisi Allah SWT dan mendapat tempat sebaik-baiknya,”katanya.

Perlu diketahui juga ungkap Dahlia, pihaknya dari sembilan bersaudara ini, keturunan keempat dari Datu Khayan yang bernama Syekh Abdurrahman Sidiq bin Husin Assegaf.

Dari Datu Khayan melahirkan datu keluarganya dan melahir kakeknya hingga orang tuanya, bernama Abdurrahman Tabri bin Tabri, selanjutnya melahir pihaknya yang kesembilan bersaudara ini. Artinya, pihaknya sangat dekat dengan Datu Khayan atau Syekh Abdurrahman Sidid in bin Khusin Assegaf.

Datu Khayan mempunyai anak H Abdul Manab melahirkan Hj Hamsiah dan H Abdurrahman, sedangkan untuk disebelah orang tuanya, kakeknya bernama H Juhri mempunyai anak Tabri, Tabri mempunyai anak Abdurrahman, barulah pihaknya yang kesembilan bersaudara ini.

“Dari kesembilan orang yaitu dua laki-laki, tujuh orang perempuan, Alhamdulillah semua diberikan kesehatan dan panjang umur, hingga sekarang ini kami berkumpul,”ungkapnya.(ridho/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.