BPBD Balangan Gelar Pelatihan Tingkatkan Kemampuan dan Keahlian TRC

oleh -21 Dilihat
Foto. Tim TRC BPBD Balangan usai menggelar pelatihan peningkatan anggota di Banjarmasin beberapa waktu lalu.

INIBERITA.id, BALANGAN-
Untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian, dalam penanganan bencana bagi anggota Tim Reaksi Cepat (TRC), BPBD Balangan menggelar kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas anggota di Banjarmasin beberapa waktu lalu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan Sutikno mengatakan, tidak ada jaminan bencana akan berkurang, oleh karena itu, ia menegaskan harus terus belajar.

“Kita harus bisa merespon dan bertindak cepat, tepat serta cermat terhadap kejadian bencana,” kata Sutikno di Paringin, Selasa(27/9/22).

Selanjutnya, Sutikno juga menyampaikan, bahwa anggota tim reaksi cepat perlu mitigasi dan kesiapsiagaan yang matang, harus terampil, terlatih dan tangguh.

Menurut Sekda, pihaknya sendiri sangat menyambut positif kegiatan ini, karena sebagai investasi atas kapasitas TRC BPBD Balangan. Karena, peningkatan kemampuan tidak hanya dalam hal teknis, tetapi juga manajerial, kecakapan mengoptimalkan SDM.

Selain itu, peralatan dan perlengkapan yang ada, serta kecakapan dalam melakukan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi.

” Agar anggota TRC mengajak masyarakat untuk terus memperkuat literasi tentang kebencanaan, karena ini akan jadi bagian sangat penting dalam mitigasi,”ujarnya berharap.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi mengungkapkan, melalui kegiatan ini, diharapkan bisa mengasah fisik, mental dan keterampilan anggota, sehingga nantinya dalam menjalankan tugas ke depan lebih benar-benar maksimal.

“Soal kebencanaan, jiwa kemanusiaan, dan mentalitas inilah yang kami tumbuhkan dan secara keterampilan bertahap kami latih, baik itu terkait penanganan bencana kebakaran, banjir, tanah longsor dan sebagainya,”ungkapnya.
(wan/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.