BPBD Catat 21 Desa Krisis Air Bersih

oleh -224 Dilihat
Foto Istimewa

INIBERITA.id, MARTAPURA- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar mencatat, sebanyak 21 desa yang mengalani krisis air bersih saat ini.

Untuk membantu desa-desa yang mengalami krisis air bersih tersebut, sejumlah petugas dari Posko penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan kekeringan BPBD Kabupaten Banjar, lakukan pendistribusian air ke sejumlah desa yang mengalami krisis air bersih Sabtu(15/9/23) siang.

Dalam melaksanakan suplai air bersih akibat kekeringan tersebut, pihak BPBD setempat menggunakan truk tangki bermuatan 5 ribu liter, dengan tujuan Desa Gunung Ulin RT 01 Kecamatan Mataraman, Desa Pematang, Tambangan dan Lok Gabang Kecamatan Astambul.

Setibanya dilokasi petugas langsung menyalurkan air, pada tandon-tandon yang disediakan, untuk dimanfaatkan ratusan warga dalam pemenuhan keperluan harian.

 

Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita mengatakan, sejauh ini suplai air bersih dilakukan pihaknya kepada 21 desa di 8 kecamatan, yakni Kecamatan Cintapuri Darussalam, Martapura, Martapura Barat, Astambul, Mataraman, Beruntung Baru, Gambut dan Kecamatan Karang Intan.

”Selain kita, juga ada beberapa BPK swasta, mereka juga koordinasi dengan kita agar bantuan tidak tumpang tindih,”katanya.

Selain suplai air bersih tim BPBD itu, diserahkan juga tandon pinjam pakai, kepada warga di Desa Pekauman Dalam untuk keperluan kegiatan peringatan haul KH Salim Ma’ruf.

Sekaligus p enyerahan bantuan logistik korban kebakaran permukiman, di Jalan Tiga A RT 04 Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat, serta bantuan logistik untuk korban rumah ambruk di Komplek Asman Pesona Kecamatan Sungai Tabuk.(rilbanjar/iniberita).

No More Posts Available.

No more pages to load.