BSF 2022 Hantarkan Kain Sasirangan ke Kancah Dunia

oleh -10 Dilihat
BSF 2022 Hantarkan Kain Sasirangan ke Kancah Dunia

INIBERITA.ID, BANJARMASIN – Gelaran Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-6 tahun 2022 secara resmi dibuka, bertempat di Halaman Siring Pemko Banjarmasin, agenda rutin tahunan itu berjalan khidmat dan meriah dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat.

Kegiatan itu resmi dibuka langsung oleh Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, menurutnya, hal tersebut merupakan simbol dari gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia seperti bangga dengan Sasirangan sebagai produk-produk lokal.

H Ibnu Sina menjelaskan, kain Sasirangan sejarahnya merupakan kain Pamintan berasal dari kain penyembuhan serta jejak historisnya masih tersimpan di Museum Sultan Suriansyah yaitu kain Lagundi yang menjadi cikal bakal lahirnya kain Sasirangan sekitar satu setengah abad yang lalu.

Oleh karenanya, ia menegaskan, sejarah itu harus dipertahankan karna warisan Budaya Banjar dengan melakukan promosi Kain Sasirangan terus menerus dan diperkenalkan melalui inovasi-inovasi kekinian agar Kain Sasirangan itu populer di kancah Dunia sebagai identitas masyarakat Kota Banjarmasin.

“Dengan menggakat tema “The Land Of Sasirangan” yang maknanya adalah harapan mengembalikan Sasirangan ke nilainya semula supaya lebih memasyarakat dan dari situlah kebangkitan ekonomi di Kota Banjarmasin bisa tumbuh dan bangkit,” harapnya.

Baca Juga :   PWI Kalsel-Teng Sepakat Juara III Bersama Cabor Esport Ganda

Disisi lain, Ia berharap dalam BSF ke-6 tersebut bisa sukses untuk mengangkat budaya serta kearifan lokal, tak hanya di tinggkat Nasional namun hingga ketinggkat Internasional, “sehigga BSF kali ini adalah bagian dari upaya membangkitkan ekonomi khususnya di Kota Banjarmasin,” katanya.

H Ibnu Sina melanjutkan, dengan spirit hari jadi Kota Banjarmasin yang mengusung tema “Banjarmasin Baiman Bauntung Batuah”, Atas dasar tema itu, Ia berharap dapat mewujudkan baiman orangnya, barasih dan nyaman kotanya, bauntung usahanya, bauntung gawiannya, bertuah penuh berkah Kota Banjarmasin menuju jalan kehidupan yang lebih baik agar menjadi kota yang diberkahi oleh Allah SWT.

“Terakhir kami ingin menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya atas dukungan semua pihak terutama kepada Mentri Parwisata dan Ekonomi Kreatif terus mensupport kita untuk melaksanakan BSF ke-6 ini, mudah-mudahan ikhtiar kita ini adalah bagian dari upaya membangkitkan ekonomi khususnya Kota Banjarmasin,” tutupnya. (Pemko/iniberita.id)