Bupati Minta BPBD Harus Siap Untuk Mitigasi Bencana

oleh -33 Dilihat
Teks foto. Bupati Balangan Abdul Hadi secara simbolis saat memasangkan pelampung pada Apel Siaga Gabungan Antisipasi dan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Banjir, Tanah Longsor, Angin Puting Beliung di Kabupaten Balangan.

INIBERITA.id, BALANGAN- Bupati Balangan Abdul Hadi meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan serta stakeholder lainnya harus siap untuk mitigasi bencana karena cuaca hujan datang lebih awal daripada prediksi BMKG.

“Seperti yang disampaikan BMKG bahwa curah hujan akan berada dipuncaknya antara bulan Desember sampai Januari, namun saat ini nampaknya curah hujan sudah cukup tinggi di Kabupaten Balangan hingga sempat menyebabkan banjir di dua kecamatan yakni Halong dan Juai,” kata Abdul Hadi di Paringin, Selasa.

Menurut dia, dengan adanya banjir pada minggu kemarin sepertinya curah hujan datang lebih awal daripada prediksi dari BMKG. Oleh karena itu anggota BPBD dan stakeholder lainnya harus siap untuk mitigasi bencana.

Selama ini lanjut dia, pihaknya sendiri sudah melakukan bergabai persiapan untuk menghadapi cuaca ekstrem seperti mengirim logistik ke setiap kecamatan untuk persiapan dapur umum, peralatan kesiapan, alat transportasi dan bahkan SDM dari BPBD Balangan sudah disiapkan.

Ia mengimbau, agar lebih memperhatikan anak-anak jangan sampai terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti adanya orang tenggelam dan lainnya.

Baca Juga :   Pra Seleksi Capaska 2023, PPI Balangan Gelar Latihan Gabungan

Selain itu ucapnya, keadaan listrik-listrik juga diperhatikan, adanya ular dan lain sebagainya harus terus diwaspadai bersama.

“Sementara untuk kondisi debit air di sungai saat ini sudah mulai mengalami penurunan dibeberapa wilayah terdampak banjir, seperti di Desa Buntu Karau dan Sumber Rezeki, Kecamatan Juai,” sebutnya.(wan/iniberita)

No More Posts Available.

No more pages to load.